Latihan Tempur di AWR Lumajang, TNI AU Kerahkan Helikopter dan Jet Sukhoi

Lumajang, Jatim Hari Ini – TNI Angkatan Udara (AU) gelar latihan Sikatan Daya-22 di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Rabu (10/8/2022).

Dalam latihan ini sebanyak 2500 pasukan Satuan Komando Operasi Angkatan Udara (KoopsAU) dilibatkan dan juga berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) dimiliki Koopsau dikerahkan.

Bacaan Lainnya

Adapun alutsista yang dipakai saat latihan Sikatan Daya-22, yakni 24 pesawat tempur

(Sukhoi dan F-16), 7 pesawat angkut, 2 pesawat intai, 3 helikopter, komando pasukan gerak cepat (Kopasgat), beserta 2 satuan radar.

Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra mengatakan, latihan ini merupakan hal positif, apalagi masyarakat dapat mengetahui dan menyaksikan langaung dunia kemiliteran.

“Melihat latihan ini warga begitu antusias, terlebih atas dukungan pemerintah daerah yang mempunyai konsep “Military Tourism” sehingga dapat mengajak para turis untuk bisa melihat TNI lmeaksanakan latihan tempur,” ujar dia.

Maksud dari latihan Sikatan Daya-22, ujarnya, supaya dapat mengetahui kemampuan Koopsud II dalam melaksanakan operasi udara, semisal pengeboman dengan tepat, penerjunan dengan waktu yang tepat, dan melakukan sequence dari latihan.

“Kita berharap pembinaan kemampuan khususnya dari operasi udara TNI AU bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.(ted/tej)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60