Komunitas Sepeda Pancal Lumajang Minta Jalur Khusus Sepeda Angin Kembali Ditertibkan

Lumajang, Jatim Hari Ini – Jalur khusus sepeda pancal yang ada di Jalan A. Yani selatan dan PB Sudirman hingga Tugu Adipura belakangan ini nampak terabaikan. Meski berada di dalam kawasan tertib lalu lintas, jalur tersebut seolah kehilangan fungsinya dan menjadi hiasan jalan.

Hal itu disebabkan banyaknya kendaraan yang parkir di atas jalur khusus tersebut. Sehingga pengendara sepeda pancal tidak bisa menikmati fasilitas yang ada itu.

Bacaan Lainnya

Ika, salahsatu pengurus Komunitas Pancalan Kaliwungu (Kapak) berharap kepada pemerintah, agar jalur khusus tersebut kembali ditertibkan dan difungsikan sebagaimana mestinya. Sehingga pengguna kendaraan tak bermotor, khususnya sepeda angin bisa jalan di jalurnya sendiri.

“Kalau kita jalan di jalur khusus sepeda, tentu lebih aman daripada jadi satu dengan kendaraan lain. Harapan kita, jalur itu difungsikan lagi untuk pengguna sepeda,” ucap Ika kepada jatimhariini.co.id, Senin (8/8/2022).

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah mulai beraktifitas layaknya sebelum ada pandemi. Hal itu terlihat sudah mulai banyak kegiatan masyarakat yang digelar, termasuk geliat komunitas sepeda pancal.

Dalam waktu dekat ini, komunitasnya yang beranggotakan sekitar 70 orang itu bakal menggelar acara mancal bareng. Apalagi dalam bulan-bulan ini bakal banyak komunitas yang menggelar ngontel bareng.

“21 Agustus ini kita juga ada giat, kemarin kita mancal bareng ke Glagah Arum. Memang selama pandemi kan banyak yang vakum,” katanya.

Menyikapi hal itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Moch. Arifi menyampaikan, pihaknya hampir setiap pagi selalu menertibkan kendaraan yang parkir di sisi barat jalan. Utamanya mulai depan rumah sakit umum hingga ke selatan.

Menurutnya, kendaraan-kendaraan itu parkir di barat jalan ketika di atas jam 9 pagi. Karena tidak ada petugas yang mengawasi. Yang paling banyak, di sekitar bank dan rumah sakit.

“Karena ada pembangunan di rumah sakit, kita maklumi. Tapi yang di sekitar bank, satpamnya sudah sering kita ingatkan,” pungkasnya. (rus/tej)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60