Sebar Video Hoaks Soal Pejabat, Seorang Pemuda Ditangkap Polda Metro Jaya di Bandung

Pelaku diamankan polisi.

Jakarta, Jatim Hari Ini –  Hati-hati bermedia sosial. Jika tidak, nasibnya akan sama seperti pemilik akun @rakyatjelata_98 berinisial AH ditangkap oleh Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Bandung, Jawa Barat kemarin Rabu (27/7/2022).

Gara-garanya AH memposting video hoaks pada akunnya hingga dapat menimbulkan kebencian.

Bacaan Lainnya

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dikonfirmasi media di Gedung Bid Humas, Kamis (28/7/2022) mengatakan kasus ini dilaporkan ke polisi pada Senin (25/7/2022) yang lalu dan setelah ditindaklanjuti Polisi menemukan identitas pemilik akun tersebut.

“Kami tindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan hingga berhasil menangkap pelaku di rumahnya di Bandung, Jawa Barat, Rabu kemarin,” tutur Kombes Zulpan.

Dalam perkara ini ada barang bukti yang diamankan 1 buah unit handphone milik pelaku, akun Snack Video @rakyatjelata_98 yang digunakan pelaku.

Kombes Zulpan menambahkan bahwa AH menggunakan akun Snack Video miliknya itu untuk menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian.

“Isi video itu menuduh beberapa pejabat publik hingga dapat menimbulkan kebencian,” katanya.

Atas ulahnya, pelaku telah ditetapkan tersangka dan sudah ditahan. “Tersangka dijerat pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 UU ITE, pasal 14 UURI No 1 Tahun 1946, dan pasal 115 UURI No1 Tahun 1946. (hms/red/cho)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60