Mami Ambar Lumajang Divonis 8 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Belum Putuskan Banding

Mami Ambar saat menjalani persidangan.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Sidang kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang menjerat Mami Ambar alias NS (41) akhirnya mencapai puncak. Majelis hakim menjatuhkan putusan selama 8 tahun penjara dan denda 120 juta Subsider 6 bulan penjara.

Tidak hanya itu, pelaku juga dikenakan putusan membayar biaya Restitusi kepada korbannya berdasarkan hitungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk biaya pemulihan senilai 1.032.709.666 rupiah.

Bacaan Lainnya

Vonis yang diberikan Majelis Hakim hanya berbeda 2 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ahmad Fahrudin, SH. “Putusannya hanya dikurangi 2 tahun, selebihnya sama dengan tuntutan kita,” tutur Fahrudin kepada jatimhariini.co.id usai sidang, Selasa (21/6/2022).

Sementara 2 orang yang membantu Mami Ambar berinisial DD dan FF divonis hukuman penjara 5 tahun dengan denda 100 juta rupiah dengan subsider 6 bulan penjara.

“Putusan untuk pembantu Mami Ambar yang semula 7 tahun diputus 5 tahun, lain-lain sama semua,” jelas Fahrudin.

Salahsatu kuasa hukumnya dari Posbakumadin, Abdul Haris tetap merasa keberatan dengan vonis yang dijatuhkan itu. Pihaknya akan berkoordinasi dengan kliennya untuk menentukan sikap selanjutnya, apakah menerima atau memilih banding.

“Kita belum bisa menentukan sikap, waktu 7 hari kedepan ini akan kita koordinasikan dengan yang bersangkutan,” ungkapnya.

Selama sidang berlangsung Mami Ambar nampak menunduk terus di hadapan majelis, sembari beberapa kali batuk-batuk. Hingga dibacakannya amar putusan, Mami Ambar terlihat pasrah dan memilih untuk pikir-pikir.

Sebelumnya, kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang menjerat mucikari inisial NS alias Mami Ambar (41), warga Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko akhirnya mulai disidangkan, Selasa (8/3/2022), sekira pukul 14.00 WIB.

Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan itu dipimpin oleh Hakim Ketua, Budi Prayitno, SH, MH. Pelaksanaan sidang dilakukan secara daring dan dinyatakan sebagai sidang tertutup. (rus/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60