Beraksi di 14 TKP, Pelaku Curanmor di Lumajang Butuh 15 Detik Saat Eksekusi

Komplotan curanmor yang diamankan polisi.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Polres Lumajang berhasil meringkus 3 orang terduga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) dan 2 penadah motor curian. Pelaku yang bekerja secara berkelompok ini telah beraksi di lokasi berbeda sebanyak 14 TKP.

Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, SIK, MH, mengatakan, ada 3 pelaku pencurian sepeda motor yang berhasil diamankan. Yaitu dengan inisial DUL (34), warga Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto, TE (19), warga Desa Pajarakan, Kecamatan Randuagung, dan RH (40), warga Kecamatan Randuagung.

Bacaan Lainnya

Sedangkan penadahnya berinisial FIQ (23), warga Desa Buwek dan AZ (30), asal Desa Ledoktempuro, Kecamatan Randuagung.

Sementara pelaku inisial DA (20), asal Desa Pajarakan, Kecamatan Randuagung masih dalam pengejaran anggota di lapangan.

“Semua pelaku pernah beraksi dengan DA yang jadi DPO (Daftar Pencarian Orang), mereka ini merupakan pemain baru dan hanya FIQ yang residivis pencurian disertai pemberatan,” ungkap Dewa Putu kepada media, Selasa (21/6/2022).

Pelaku melancarkan aksinya dengan cara berburu ke jalan-jalan sambil melihat peluang untuk melakukan pencurian sepeda motor. Setiap aksinya, pelaku hanya bermodalkan kunci letter T untuk menjarah motor yang jadi sasaran.

DUL pernah beraksi bersama DA di jalan Husni Tamrin, Kelurahan Tompokersan dan membawa kabur motor Honda Nopol W-6085-ZM dan kabur ke arah timur menuju rumah DUL. Keduanya beraksi dengan mengendarai Honda Beat putih milik DA.

Berikutnya, TE beraksi bersama DA di depan salahsatu rumah makan jalan Suwandak, Kelurahan Ditotrunan. Setiap kali melakukan pencurian, keduanya menjual kepada DUL sebanyak 11 kali transaksi.

Dan RH yang mengaku baru sekali beraksi itu berhasil ditangkap tangan di sekitar makam dekat MAN Lumajang. Karena melawan saat diamankan, kaki kiri pelaku dihadiahi timah panas. Sedangkan DA lolos dari sergapan petugas.

“Pelaku hanya butuh 15 detik untuk bisa membawa kabur motor incarannya. Pelaku kita jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara,” pungkasnya. (rus/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60