Ini 11 Kecamatan di Lumajang yang Disurvei Kebumian oleh Pertamina

Kendaraan dari Pertamina di Kabupaten Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari IniKementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melakukan survei kebumian di Pulau Jawa. Salah satunya di Kabupaten Lumajang.

Hal itu bertujuan guna meneliti citra lapisan dan struktur di bawah permukaan di daerah tersebut sehingga dapat diketahui kelayakan untuk survei lanjutan.

Bacaan Lainnya

“Ini program Breakthrough Pemerintah melalui Pertamina untuk memperoleh data bawah permukaan terbaru,” ujar M.Imron Rosyiadi selaku Kabag Administrasi Perekonomian Lumajang ketika dikonfirmasi jatimhariini.co.id, Rabu (15/6/2022).

Menurut dia, survei menggunakan kendaraan vibroseis berbentuk truk dengan dilengkapi sensor yang dioperasikan dengan cara menempelkan lalu menggetarkan aspal. 

Lebih lanjut, Ia juga menyebut ada 11 Kecamatan yang disurvei. Yakni Yosowilangun, Kunir, Tempeh, Pasirian, Candipuro, Kedungjajang, Klakah, Sukodono, Sumbersuko, Lumajang, serta Ranuyoso.

“Survei ini cukup aman, karena sudah dilakukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah,” terang dia.

Untuk kegiatan ini, menurut Imron, sudah disosialisasikan pada semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membantu agar survei PT PHE berjalan lancar.

“Khususnya dalam mengurai potensi gangguan lalu lintas, mengingat survei tersebut menggunakan kendaraan bertonase berat,” pungkasnya. (ted/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60