Petani di Desa Sukowono Bondowoso Tanam Perdana Tembakau Kasturi

Petani tanam perdana tembakau kasturi di Desa Wonosuko, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso.

Bondowoso, Jatim Hari Ini – Sejumlah kelompok tani tembakau di Desa Wonosuko, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso melakukan penanaman perdana tembakau jenis Kasturi, Selasa (31/5/2022) pagi.

Penanaman tembakau jenis Kasturi itu bekerja sama dengan PT Indonesia Dwi Sembilan Jember, BNI Bondowoso, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso serta Asosiasi Petani Tembakau Indonesia Bondowoso.

Bacaan Lainnya

“Nantinya tembakau Kasturi saat panen akan dibeli oleh PT IDS,” ujar Yazid, Ketua APTI Bondowoso kepada wartawan jatimhariini.co.id.

Yazid menambahkan Kasturi itu  biasanya  krosok atau jemur lembaran. Tetapi ini permintaan kasturi dirajang oleh PT IDS dan akan dibeli oleh PT IDS.

“Ini terobosan baru yg menguntungkan petani,” ujarnya. Dan kata Yazid pemerintah, BNI, APTI harus  hadir di tengah petani untuk  bersinergi.

Setelah penanaman tembakau Kasturi, pertemuan dilanjutkan di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di Bondowoso. Hadir dalam pertemuan itu petani dan pemilik gudang tembakau, seperti PT Tempurejo Jember, PT Sadana Arif Nusa dan lainnya. Pimpinan BNI Bondowoso Lucky mengatakan siap membantu petani dalam permodalan penanaman tembakau.

“BNI siap membantu permodalan dengan bunga lunak,” ujarnya. 

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Hendri Widotono mengatakan dalam kegiatan bertema ‘Pengawasan Penggunaan Sarana Pendukung Pertanian Sesuai dengan Komoditi, Teknologi dan Spesifikasi Lokasi’ itu pihaknya terus mendukung petani tembakau dalam budidaya tembakau di Bondowoso. (eko/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60