Banjir Semakin Meningkat di Kota Palangkaraya

Rheina Yoan Ivanka (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang).
banner 468x60

Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu provinsi di Indonesia sedang dilanda banjir yang sangat tinggi dikarenakan curah hujan yang juga tinggi dan selalu turun pada malam hari, yaitu Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah. Hujan tiada hentinya selalu turun setiap malam hingga pagi. Dan sekarang banyak tempat-tempat yang bisa dikatakan di dataran rendah yang terendam oleh banjir.

Hujan di wilayah Palangkaraya maupun di wilayah hulu sangat lebat yang menyebabkan Sungai Rungan dan Sungai Kahayan tidak mampu untuk menampung air tersebut. Dampak dari banjir ini terjadi di wilayah yang kawasannya rendah, terutama di bantaran sungai yang terendam luapan air.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Banjir ini dimulai dari sekitar 4 bulan yang lalu, dan ditambah sekarang masuk musim hujan yang membuat Kota Palangkaraya terendam banjir yang lumayan besar. Banjir bulan ini menerjang empat kecamatan yang ada diPalangkaraya, yaitu Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Pahandut, Kecamatan Bukit Batu dan juga Kecamatan Sabangau.

Pemerintah Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Pemerintah juga saat ini telah menetapkan status Siaga Darurat. Banyak juga masyarakat yang berbondong-bondong untuk mengungsi ke rumah saudaranya dan juga ke Tenda darurat.

Pihak BPBD juga turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi orang-orang yang terkena banjir, keluhan dan kendala para masyarakat sambil menyiapkan kebutuhan utama seperti obat-obatan makanan, dapur umum dan juga tenda darurat.

Namun dikarenakan pegawai/pekerja BPBD juga sangat terbatas, jadi mereka mengajak semua unsur yang ada diPalangkaraya seperti Polri, TNI, Relawan, Instansi daerah lain hingga Dunia Usaha untuk membantu penanganan banjir.

Pada saat ini juga aliran listrik yang ada di sejumlah wilayah di Palangkaraya padam karena travo milik PLN yang terendam oleh banjir yang dipicu oleh hujan yang selalu turun setiap malamnya.

Banjir di wilayah Kota Palangkaraya juga banyak ragamnya. Bahkan pada lokasi terendah seperti wilayah yang berada dekat dengan sungai pun kini bisa mencapai sedada orang dewasa.

Pemerintah juga terus berkomunikasi dengan pihak PDAM terkait air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir agar tetap tersedia dan juga terpenuhi.

Para pemerintah yang turun juga masih terus melakukan pendataan untuk warga-warga yang terdampak banjir dan juga pihak dari pemerintah akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak baik dengan Pemerintah Provinsi juga Pemerintah pusat untuk mengantisipasi dan menangani banjir dalam waktu yang kita tidak tau sampai kapan.

Infrastruktur seperti drainase yang ada dipusat kota Palangkaraya juga secara bertahap terus ditingkatkan. Dan mereka meningkatkan infrastruktur tersebut berdasarkan skala prioritas yang wilayahnya mudah terendam/tergenang oleh air saat musim hujan turun. (*)

 

Penulis: Rheina Yoan Ivanka (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60