Hanya Ada 4 Optik Resmi di Bondowoso

Salahsatu optik di Bondowoso.
banner 468x60

Bondowoso, Jatim hari Ini – Keberadaan optik di Bondowoso sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab masyarakat butuh kacamata dan lensa untuk membantu penglihatan khusus nya bagi warga yang punya keluhan mata minus dan plus.

Namun di Bondowoso hanya ada empat optik resmi yang menyediakan kacamata dan lensa, yakni optik Calgin, optik Internasional, optik Kusuma dan optik Mitra Tapen.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Hal ini diungkapkan oleh pengurus Gapopin atau Gabungan Pengusaha Optik Indonesia Anang kepada wartawan.  Selain itu optik yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan hanya ada tiga, optik Calgin, optik Internasional dan optik Kusuma. Selain itu optik resmi punya ijin berupa  SIPO atau Surat Ijin Penyelenggaraan Optik.

Anang menambahkan bahwa optik resmi menjamin produk  kacamata yg dijual memenuhi standart kesehatan. Dan tenaga kesehatan yg kerja di optik resmi juga sesuai dgn qualifikasi sebagai  tenaga kesehatan yang di syaratkan oleh peraturan menteri kesehatan no 1 tahun 2016.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr M Imron mengatakan pada prinsipnya, jika mendirikan optik maka wajib mendapatkan rekom dari Dinkes. “Mereka harus mengurus SIUP ke Dinas Perijinan melalui OSS,” katanya.

Selanjutnya Dinkes  akan melakukan  visitasi. “Apakah ada SDM nya yang memenuhi syarat atau tidak. Bagaimana kelengkapan sarpras lainnya juga akan kita lihat,” ujarnya.

Dinkes juga punya daftar nama-nama optik yang sudah ada ijin resmi. “Kami punya daftar resmi optik,” ungkapnya. (eko)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60