Muncul Wacana Pemilih pada Pilkades Serentak Lumajang Wajib Sudah Vaksin

Rakor pembahasan vaksinasi di Lumajang.
banner 468x60

Lumajang, Jatim Hari Ini – Muncul wacana aturan terkait vaksin dalam Pilkades Serentak Lumajang 2021. Pemilih yang akan menyampaikan hak suaranya wajib sudah menjalani vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius ketika dikonfirmasi jatimhariini.com membenarkan wacana tersebut.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Bayu menegaskan, pihaknya diminta untuk memfasilitasi desa yang akan menggelar Pilkades Serentak untuk dilakukan vaksinasi dengan menggerakan tenaga kesehatan dari puskesmas. Namun, masih akan dilakukan pembahasan serta menunggu surat edaran dari bupati.

“Jadi, saat ini posisi Lumajang masih berada di Level 3. Ini harapan kita semua, jadi apa yang disampaikan Pak Bupati kesepakatan bersama Dandim dan Kapolres guna melakukan percepatan vaksinasi di Lumajang,” terangnya, Sabtu (20/11/2021).

Ia menambahkan, bagi warga yang memiliki riwayat penyakit bawaan (komorbid) sehingga tidak bisa divaksin, masih bisa menggunakan hak suaranya. Dengan catatan, menunjukan surat keterangan dari dokter kepada panitia pilkades di desa setempat.

“Bagi warga yang tidak boleh divaksinasi akan diberi surat seterangan dokter dari Puskesmas,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang, Drs. Agus Triyono. M.Si menambahkan, Kabupaten Lumajang saat ini masih berada dalam peringkat 5 dari bawah capaian vaksin.

“Salah satu cara adalah menghimbau para cakades agar menggerakkan warganya (pendukungnya) untuk melakukan vaksin dari pada tidak bisa memilih atau kehilangan hak suaranya,” katanya.

Pihaknya menargetkan, capaian vaksinasi di Lumajang bisa mencapai 70 persen hingga akhir Bulan November ini. (ted)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60