Pria di Lumajang Hobi Koleksi Bambu Unik, Dijual hingga Rp 500 Ribu

Mistono menjual bambu unik di sekitar Pasar Klojen.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Banyak cara untuk menularkan hobi ke orang lain. Seperti yang dilakukan oleh pecinta bambu unik bernama Mistonorejo asal Desa Karanganyar RT. 09 RW. 03, Kecamatan Yosowilangun.

Layaknya pedagang lainnya, Mistono bersama rekannya menggelar lapak dan memajang koleksi bambu unik berbagai bentuk dan ukuran. Lapak yang Ia gelar bersanding dengan pedagang batu akik itu, cukup menarik perhatian bagi kalangan tertentu.

Bacaan Lainnya

Mistono kepada jatimhariini.com mengaku, biasanya Ia membuka lapak di sekitar pasar-pasar, seperti di Klakah, Jatiroto dan Puger. Kali ini Ia sengaja mencari peruntungan di sekitar Pasar Klojen, Kelurahan Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang.

“Baru kali ini buka di sini, biasanya ya dari pagi sampai sore,” ungkap Pak Jo, sapaan akrabnya saat ditemui, Kamis (8/7/2021).

Harga yang dipatoknya cukup bervariasi, dari yang paling murah dibanderol seharga Rp 35 ribu dan paling mahal berkisar Rp 500-an ribu. Sebetulnya, harga yang dibandrol itu tidak sebanding dengan upayanya untuk memperoleh bambu unik tersebut.

“Sebetulnya ini bukan dagangan, kalau kita jual jelas kita rugi karena tidak sepadan dengan jeri payah kita,” ungkap Subur, yang baru 5 tahun menekuni hobi tersebut bersama rekannya.

Selain langka, bambu yang tumbuh tak lazim itu sering berada di tempat angker. Biasanya, bambu tersebut di sekitarnya pasti ada ular berbisa. Meski demikian, Subur mengaku menyukai bambu unik itu atas dasar seni, bukan dari segi mistisnya.

“Memang ada tuahnya, tapi Saya melihat seni alamnya. Karena tidak bisa dibuat-buat, apalagi bambu bisa tumbuh dalam waktu yang cukup lama,” jelasnya.

Untuk memperoleh 1 bambu, harus memiliki intuisi yang kuat. Karena tidak semua tempat tumbuh bambu yang unik. Untuk memastikan di tempat tersebut ada atau tidaknya bambu yang unik, Ia butuh waktu sekitar 5 menit. Yaitu dengan mengamati kondisi lingkungan sekitar yang tidak biasa.

“Ada yang mau beli bambu tertentu seharga jutaan, terus apakah bambu itu bisa mengembalikan uang segitu? Saya bilang ini sebagai seni,” sanggah Subur sambil memberi pemahaman. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60