‘Rumah Kita’ Diharapkan Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi Nasional

Salahsatu pelaku UMKM yang belum terkaver Rumah Kita.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Tidak sedikit pelaku UMKM yang terseok-seok selama masa pandemi Covid-19. Dengan adanya pemberlakuan PPKM Darurat, dapat dipastikan pelaku usaha kecil semakin menjerit.

Menjawab keluhan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lumajang, Drs. Suharwoko, M.Si berharap Rumah Kita yang digagas komunitas UMKM Lumajang bisa menjadi solusi. Rumah Kita yang sekaligus sebagai sentra kegiatan UMKM, diharapkan bisa menampung Usaha Kecil Menengah (UKM).

Bacaan Lainnya

Dalam artian bisa membantu penjualan secara online maupun offline. Termasuk memberikan pendampingan dan pelatihan.

“Sementara masih belum ada kebijakan khusus, PPKM Darurat kan cuma sebentar dan sifatnya mendadak,” tutur Drs. Suharwoko ketika dihubungi jatimhariini.com, Rabu (7/7/2021).

Rencananya, sentra kegiatan UMKM yang awalnya akan dilaunching pada 12 Juli mendatang, terpaksa harus diundur hingga PPKM Darurat usai.

Pihaknya juga mengaku tidak bisa mengintervensi terkait pelaku usaha yang memiliki tanggungan di bank dan yang terdampak akibat pemberlakuan PPKM Darurat.

“Kalau yang punya tanggungan dana bergulir dari Pemkab masih kita ambil kebijkan. Tapi kalau yang di bank umum, kita tidak bisa karena itu milik pusat,” tegasnya.

Sementara Koordinator Pokja UMKM, Mochammad Bachrul Wahid menyampaikan, bahwa Rumah Kita belum tepat untuk menjawab solusi PPKM Darurat, karena masih dalam proses pembangunan.

Namun, Rumah Kita diharapkan bisa menjawab pemulihan ekonomi nasional. “Kita harapkan sebagai jawaban pemulihan ekonomi nasional, rencananya sih seperti itu,” ungkap Bachrul.

Meskipun Rumah Kita diharapkan bisa menggabungkan seluruh elemen usaha mikro yang ada di Lumajang, namun sementara ini pihaknya hanya menampung usaha makanan dan minuman, serta kerajinan dan batik.

“Yang lain masih belum, Insyaallah rencana kedepannya seperti itu. Yang belum terkaver, akan kita masukkan ke dalam data base untuk kita suarakan dan kita sampaikan ke pemerintah,” harapnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60