Kualitas Pelayanan Birokrasi Administrasi di Sidoarjo

Alun-alun Sidoarjo. (sidoarjokab.go.id)

Birokrasi seringkali digunakan sebagai terminologi yang merefleksikan pemerintah, Birokrasi adalah sumberdaya manusia yang menjalankan roda pemerintahan, dimulai dari pegawai biasa sampai dengan kalangan pejabat yang memiliki kewenangan.

Birokrasi dalam arti sebenarnya adalah struktur dan sekumpulan aturan yang ditetapkan untuk mengendalikan aktivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Bacaan Lainnya

 

Birokrasi di Indonesia ketika persepsi yang muncul adalah suatu sistem pelayanan dan administrasi pemerintahan yang terkesan aneh, berbelit-belit dan lamban. Namun setelah reformasi politik sekitar tahun 1998 terjadi, maka banyak upaya dan program-program pembangunan dan pengembangan kelembagaan yang juga direformasi menuju sistem yang lebih demokratis.

 

Dengan adanya birokrasi yang seperti itu, maka diharapkan pemerintah dapat melaksanakan upaya mewujudkan untuk pelaksanaan “Good Governance” yang seringkali digadang-gadang dapat mengatasi perubahan birokrasi menjadi lebih baik kedepannya.

Karena itu birokrasi harus bisa dipahami, melalui peran dan kemampuannya, menunjang pelaksanaan sistem pemerintahan, baik dalam merespon berbagai permasalahan maupun dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Inti salah satu kondisi birokrasi yang professional adalah memberikan pelayanan tewrhadap masyarakat (public service), sehingga cita-cita, inisiatif dan upaya-upaya birokrasi perlu diarahkan guna memiliki wawasan pelayanan publik.

 

Hal itu membuat Sidoarjo salah satu daerah yang menerapkan pelayanan birokrasi administrasi. Secara Administrasif Kabupaten Sidoarjo dibagi menjadi 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kota kecamatan yang cukup besar di Kabupaten Sidoarjo diantaranya Taman, Krian, Candi, Porong, Gedangan, Tarik, Sidoarjo dan Waru.

Pelayanan Administrasi di Kantor Kecamatan meliputi 4 jenis pelayanan yaitu: Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Pindah Penduduk, Surat-surat lainnya yang bersifat rekomendasi (IMB, HO, Akte Kelahiran SKCK, Surat Keterangan Tidak Mampu, Pengukuhan Perkawinan Non Islam dan Surat Keterangan Waris, dll)

 

Dilihat dari hasil indek kepuasan dari masyarakat mengenai kualitas pelayanan birokrasi publik administrasi yang ada di daerah Kecamatan Sidoarjo mendapat penilaian terkecil dari responden adalah unsur kecepatan pelayanan dan kepatian biaya yaitu memiliki nilai rata – rata hanya 2,78.

Hal ini disebabkan karena responden menilai dalam proses pelayanan yang diberikan para petugasnya kurang mampu menyelesaikan dengan cepat sehingga menimbulkan antrian. Sedangkan yang mendapat penilaian terbesar dari responden adalah unsur keamanan lingkungan (U14) yaitu memiliki nilai rata – rata sebesar 3,02.

Hal ini disebabkan karena responden menilai bahwa lingkungan di Kecamatan Sidoarjo dinilai amam ketika mengurus administrasi.

 

Kecamatan Waru mendapat mendapat penilaian terkecil dari responden adalah unsur kecepatan pelayanan yaitu memiliki nilai rata – rata hanya 2,78.

Hal ini disebabkan karena responden menilai dalam proses pelayanan ketika banyak masyarakat yang dalam waktu bersamaan mengurus administrasi, pelayanan yang diberikan petugas kurang mampu menyelesaikan dengan cepat sehingga menimbulkan antrian.

Sedangkan penilaian terbesar dari responden adalah unsur kenyamanan lingkungan yaitu memiliki nilai rata – rata sebesar 3,29.

Dengan kategori Sangat Baik, Hal ini disebabkan karena responden menilai bahwa kondisi lingkungan kerja seperti ruangan, pencahayaan, maupun keberadaan AC / pendingin ruangan sehingga membuat masyarakat menjadi nyaman selama menunggu proses pelayanan administrasi.

 

Kecamatan Taman mendapat penilaian terkecil dari responden adalah unsur kecepatan pelayanan yaitu memiliki nilai rata – rata hanya 2,81. Hal ini disebabkan karena responden menilai dalam proses pelayanan ketika banyak masyarakat yang dalam waktu bersamaan mengurus administrasi, pelayanan yang diberikan petugas kurang mampu menyelesaikan dengan cepat sehingga menimbulkan antrian.

Sedangkan yang mendapat penilaian terbesar dari responden adalah unsure kenyamanan lingkungan yaitu memiliki nilai rata – rata sebesar 3,29. Dengan kategori Sangat Baik. Hal ini disebabkan karena responden menilai bahwa kondisi lingkungan kerja seperti ruangan, pencahayaan, maupun keberadaan AC / pendingin ruangan sehingga membuat masyarakat menjadi nyaman selama menunggu proses pelayanan administrasi.

 

Maka dengan hal ini, menunjukkan bahwa masyarakat di Kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Waru dan Kecamatan Taman menilai petugas telah melakukan pelayanan administrasi di Kantor Kecamatan yang memuaskan masyarakat dan kualitas pelayanan administrasi di Kantor Kecamatan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo masuk dalam kategori baik.

Namun, Kualitas kecepatan pelayanan adalah unsur kualitas yang perlu mendapat perhatian lebih dalam proses pelayanan di kantor Kecamatan Pemerintah kabupaten Sidoarjo dikarenakan hasil kuisioner menunjukkan nilai unsur paling rendah. (*)

*Penulis: Khoirunnisak (Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60