Obat Invermectin Langka, Polres Kediri Sidak ke Apotek

Pihak Polres Kediri melakukan sidak ke sejumlah apotek.

Kediri, Jatim Hari Ini – Polres Kediri melakukan sidak ke jumlah apotek di wilayah Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Selasa (6/7/2021).

Kegiatan sidak ini sebagai langkah antisipasi terkait kelangkaan obat invermectin yang terjadi. Akibat masyarakat yang memborong obat itu karena kasus aktif covid-19 sedang naik.

Bacaan Lainnya

“Tidak ada yang memborong. Hasilnya di wilayah Pare tidak ada apotek yang menyediakan invermectin. Namun untuk obat oseltamivir dan Azithromycin ada apotek yang menyediakan namun dengan ketentuan harus dengan resep dokter,” ucap Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono.

Menurutnya untuk jenis obat Azithromycin dan oseltamivir untuk harga yang dijual ini masih sesuai dengan ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Harga masih normal semuanya tidak ada apotek yang menaikan harganya,” tutur Kapolres Kediri.

Kapolres tidak menemukan masyarakat yang melakukan panic buying atau aksi memborong sesuatu karena takut tidak kebagian obat-obatan di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

“Semuanya aman, tidak ada masyarakat sini yang antri berbondong-bondong untuk membeli obat. Semua apotek yang kita kunjungi kondisinya normal seperti biasa,” jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya Kabupaten Kediri agar tak melakukan punic buying terkait obat-obatan.

“Giat seperti ini akan kita lakukan kedepannya. Untuk antisipasi punic buying dan melonjaknya harga obat di Kabupaten Kediri,” ungkapnya. (pri)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60