Anggota DPRD Lumajang Tinjau Wisata Gerbas Tani Rowokangkung

Anggota DPRD Lumajang mengunjungi Gerbas Tani.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Anggota DPRD bersama Dinas Pertanian Lumajang meninjau Wisata Gerbas Tani yang terletak di Desa Kedung Rejo, Kecamatan Rowokangkung, Lumajang.

Ketua Komisi B Eko Adis Prayoga menyampaikan, Gerbas Tani bukan murni wisata, tetapi gerakan belanja sayur di sawah. Terlebih ada inisiasi oleh para tani sehingga produk-produk tersebut, bisa memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dari semestinya.

Bacaan Lainnya

“Meski situasi masih pandemi bahkan terpukul akibat Covid-19, dengan harga komoditi pertanian yang turun. Dari Gerbas Tani ini ada inovasi, yang dimana harga itu sendiri nanti bisa agak sedikit terkatrol sehingga ini bisa memberikan dampak positif bagi para petani,” ujarnya, Selasa (06/07/2021).

Ia melanjutkan, pengunjung dapat berwisata sambil memetik aneka sayuran sendiri.

“Kegiatan ini juga bisa sebagai sarana edukasi kepada remaja,yang mungkin hingga detik ini enggan bertani agar nanti mereka bisa mengenal kehidupan pertanian. Apalagi pertanian adalah penopang perekonomian nasional yang dominan di negeri ini,” tambah politisi PKB itu.

Tidak sampai di situ, Eko menjelaskan tentang tata kelola Gerbas Tani tersebut, dimana hal itu murni di kerjakan oleh kelompok tani dengan swadaya. Yakni dengan pemenuhan bibit, sarana prasarana bahkan di kelola oleh petani sekitar dengan mandiri.

“Jadi ini murni dilakukan oleh kelompok tani, agar ada peningkatan produksi maupun nilai prodak itu sendiri. Pemerintah dalam hal ini, hanya melakukan pembinaan sedemikian rupa dari kegiatan tersebut. Dimana, bisa dicontoh oleh kelompok tani lain sesuai dengan potensi wilayah masing-masing,” jelasnya.

Sekertaris PKB itu pun juga akan mengupayakan Gerbas Tani akan menjadi even tahunan sehingga kedepan bisa memiliki ciri khas wilayah tersebut.

“Untuk sekarang situasi tidaklah mungkin karena masih pandemi, namun bila pandemi ini berakhir semoga kedepan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga apa yang jadi harapan ini bisa terwujud dari kelompok tani lain agar bisa berinovasi yang kami anggap ini adalah hal yang positif,” pungkasnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60