Pemkab Lumajang Segera Bangun Tanggul Sementara di Dam Gambiran

Bupati Lumajang saat melihat kondisi Dam Gambiran.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pemkab Lumajang segera membangun tanggul sementara di bantaran Kali Dam Gambiran yang sebelumnya jebol. Hal itu dilakukan, sebagai tindak lanjut beberapa desa sekitar mengalami kekeringan.

Bupati Thoriqul Haq mengatakan,
pembuatan tanggul sementara tersebut, untuk menggantikan Dam Gambiran yang jebol pada Februari lalu. Dengan harapan tidak ada arus air yang lebih deras.

Bacaan Lainnya

“Sing penting banyune mili disek nang sawah (yang penting airnya mengalir dulu ke sawah),” katanya Senin (06/07/2021).

Disamping itu, imbas jebolnya dam tersebut beberapa bulan terakhir warga sekitar juga mengalami krisis air sehingga sekitar 300 hektare sawah di Desa Boreng, Blukon dan Kelurahan Rogotrunan mengalami kekeringan.

Masih kata Bupati, pihaknya masih mengajukan ke pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT) bencana. Kalau sudah turun bisa membuat tanggul dari bronjong, tentu lebih kuat agar air ke sawah lebih mencukupi.

“Selain tanggul sementara melalui anggaran APBD Lumajang, kita juga tengah mengajukan BTT Bencana melalui anggaran APBD Prov. Jatim agar nanti anggaran tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan bronjong bendungan,” terang Cak Thoriq

Selain BTT Cak Thoriq juga akan mengajukan mengajukan pembangunan dam permanen melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN.

“Kita pikirkan langkah tercepat yang bisa dilakukan sekarang, agar air segera teraliri ke sawah,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Agus Siswanto mengungkapkan pembangunan tanggul sementara Dam Gambiran diperkirakan dilakukan pada Agustus atau September mendatang.

“Diperkirakan bulan September atau paling cepat Agustus melalui PAK APBD,” ungkapnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60