Kesuksesan Pemprov Jatim dalam Pelaksanaan Program PTSL

Pemprov Jatim.

PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap adalah sebuah program inovasi dari pemerintah yang dilakukan melalui Kementerian ATR/BPN.

Dimana program ini merupakan program pendaftaran tanah yang pertama kali akan dilakukan secara serentak di wilayah desa atau kelurahan atau wilayah setingkatnya yang meliputi semua objek tanah yang belum didaftarkan dengan tujuan memberikan jaminan hukum atau hak atas tanah yang dimiliki oleh setiap masyarakat.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan program ini didasarkan pada Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (PerMen ATR/BPN) No. 12 Tahun 2017 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, serta Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.

 

Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat ini dilaksanakan di seluruh Indonesia salah satunya di Provinsi Jawa Timur.

Jawa Timur sebagai sebagai salah satu provinsi terbesar dan terpadat di Indonesia tentu menyadari pentingnya sertifikasi tanah bagi masyarakat karena ini akan menjadi bukti kepemilikan bahwa tanah tersebut memang milik mereka.

Selain itu, sertifikat yang telah terdata dan sah dimata hukum ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan modal usaha melalui lembaga perbankan maupun simpan pinjam.

 

Dan selama pelaksanaan program PTSL, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jatim berhasil menunjukkan hasil kinerja yang positif.

Dimana pada tahun 2019 program ini menunjukkan keberhasilan yang hampir mencapai 100% dan ditahun 2020 kemarin telah berhasil mencapai target 100%.

Keberhasilan ini tentu diraih karena kinerja serta dukungan dari berbagai pihak dimana salah satunya adalah dukungan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Terealisasinya target PTSL oleh Kanwil BPN Jatim yang mencapai 100% ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dimana beliau menyebutkan bahwa dari 6,8 juga target PTSL di Indonesia, Provinsi Jawa Timur menyumbang sebanyak 1,8 juta produk PTSL dari keseluruhan target tersebut.

 

Keberhasilan pelaksanaan PTSL di Jawa Timur yang mencapai target 100% di tahun 2020 ini juga dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Hal ini dilihat dari kinerja Kanwil BPN karena meski dalam masa pandemi covid-19, Kanwil BPN Jatim bisa merealisasikan target hingga 100% atau diperkirankan sebanyak 1.000.870 produk PTSL. Dimana sebagian besar yang berhasil dikeluarkan adalah Sertifikat Hak Milik, kata Bapak Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil.

 

Dengan kinerja yang menunjukkan hasil positif di setiap tahunnya, tentu membuktikan bahwa Pemerintah Jawa Timur baik itu Pemprov Jatim dan Kanwil BPN Jatim serius dalam melaksanakan program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini.

Hal ini tentu membuktikan bahwa tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang terkait kepemilikan atas tanah bukanlah sekedar tujuan belaka, namun dibuktikan dengan hasil kerja yang nyata.

Dengan prestasi ini diharapkan kedepannya program-program pemerintah lainnya juga menunjukkan hasil yang positif, serta target yang ditetapkan dapat tercapai. Hal ini tentu harus diikuti dengan kinerja dan koordinasi yang baik antar instansi-instansi pemerintah dan stakeholder agar tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat diberbagai bidang kehidupan dapat diwujudkan di masa depan. (*)

 

*Penulis: Annisa Amatul Bilath (Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60