Forkopimda Sidoarjo Pantau PPKM Darurat, Mayoritas Masyarakat Patuh

Forkopimda Sidoarjo pantau PPKM Darurat.

Sidoarjo, Jatim Hari Ini – Hari pertama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo dipantau langsung oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo, Sabtu (3/7/2021) malam.

Forkopimda Sidoarjo berkeliling untuk memastikan penerapan PPKM Darurat Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo berjalan baik. Dari pendopo Delta Wibawa, rombongan menyisiri tempat-tempat yang biasa terdapat keramaian. Seperti kawasan kavling DPR yang banyak kafe. Kemudian rombongan melanjutkan pantauannya ke Lingkar Timur Sidoarjo.

Bacaan Lainnya

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor melihat sebagaian besar masyarakat sudah patuh terhadap penerapan PPKM Darurat Covid-19. Meski di hari pertama pelaksanaannya, masyarakat sudah mengetahui dan mematuhi kebijakan tersebut.

Seperti penutupan sementara mal atau pusat perbelanjaan serta pembatasan jam operasional supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan sampai 8 malam. Begitu juga dengan warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan yang hanya diperbolehkan melayani take away atau pesanan dibawa pulang.

Gus Muhdlor mengatakan butuh proses untuk mendisplinkan semua masyarakat agar patuh terhadap kebijakan pemerintah pusat tersebut. Untuk itu Pemkab Sidoarjo akan mengencarkan mensosialisasikan penerapan PPKM Darurat Covid-19 ke masyarakat.

“Alhamdulillah dihari pertama ini (penerapan PPKM Darurat Covid-19) satu progres yang cukup baik tapi memang butu proses bagi masyarakat tetapi secara overall kita berterimakasih kepada seluruh masyarajat Sidoarjo sudah berkomitmen untuk taat pada intruksi pemerintah pusat lewat Inmendagri,”ucapnya.

Dikatakannya selama masyarakat Sidoarjo kompak untuk patuh terhadap penerapan PPKM Darurat Covid-19, dirinya yakin pandemi Covid-19 akan cepat teratasi.

Hal yang sama juga dikatakan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro. Masyarakat Sidoarjo patuh akan PPKM Darurat Covid-19. Dari pantauannya mall yang ada sudah tutup. Begitu juga dengan tempat keramaian.

Dikatakannya patroli seperti ini akan dilakukan secara rutin selama PPKM Darurat Covid-19 diberlakukan. Penertiban kepada masyarakat yang tidak patuh akan dilakukan.

“Tidak cuma hari ini, setiap hari kita akan tancap gas untuk melakukan penertiban bagi masyarakat yang tidak mematuhi PPKM Darurat Covid-19,” ucapnya.

Kombes Pol Kusumo juga mengatakan selama PPKM Darurat Covid-19 akan dilakukan penyekatan jalan. Selain kendaraan dari Surabaya Raya yang meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Gresik akan diperintahkan kembali bila nekad masuk Sidoarjo. Dirinya berharap langkah-langkah yang dilakukan selama PPKM Darurat Covid-19 akan segera menurunkan kasus Covid-19.

“Selama penerapan PPKM Darurat Covid-19 ini harapannya penyebaran Covid ini bisa menurun, jadi kita harus konsisten tegakkan aturan yang ada,” ujarnya. (jum/cho)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60