Wakil Ketua DPRD Lumajang: Pemerintah Perlu Memanifestasikan Optimisme Proklamator

Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Bukasan.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Optimisme Proklamator, Bung Karno terhadap pemuda merupakan hal yang relevan dan kekinian dalam membangun bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Bukasan. Dia menegaskan, pemerintah perlu memanifestasikan optimisme proklamator itu dengan perhatian, pembinaan  nyata terhadap pemuda, dan talentanya.

Bacaan Lainnya

“Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncang dunia. Ini adalah pesan optimis yang selalu saya ingat. Bila anak-anak kita dipetakan dengan kapasitas dan kecerdasan yang mereka miliki, kita akan menggemparkan dunia,” kata politisi Fraksi PDIP itu sembari mengutip kalimat Bung Karno, Jumat (02/07/2021).

Menurutnya, relevansi pemikiran Proklamator Indonesia itu juga yang mendasari pembentukan badan strategi pembinaan bakat di Tanah Air. Agar talenta dan prestasi anak-anak Indonesia itu bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Kita ingin menjaring potensi anak muda. Karena negara wajib memberikan kesempatan,” ujarnya.

Di samping itu, khusus di Lumajang dia menekankan kepada Pemerintah Daerah agar beri perlindungan anak terjamin pendidikannya. Mulai dari program wajib belajar 12 tahun hingga sekolah gratis untuk jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

“Sedangkan untuk tingkat menengah atas dan kejuruan, ada Bantuan Operasional Sekolah/BOS yang dianggarkan di APBD Propinsi dan stimulan BOS daerah harus ada sinergitas, tepat sasaran dan mampu menempatkan anak didik sesuai dengan potensi inherenya” tegas Bukasan.

Kemudian, Pemerintah harus terus berupaya agar anak yang tidak mampu, yang secara akademik  mampu harus tetap dapat mengakses pendidikan berkualitas di sekolah negeri melalui sistem zonasi. Petakan multiple inteligent sinanak agar mampu membuat sistem pembelajaran dengan  tepat.

“Agar pada pemuda bisa dapat berkarya dan berprestasi,” imbuhnya.

Terakhir Ia melanjutkan bahwa masa depan bangsa ada di tangan pemuda. Ia juga menekankan, perlunya pemerintah membangun pemuda secara komprehensif.

“Daya pikir revolusionernya yang menjadi kekuatan utama. Sebab, dalam mengubah tatanan lama budaya bangsa dibutuhkan pola pikir terbaru, revolusioner, visioner  dan segar,” pungkasnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60