Sapi di Lumajang Kini Bisa Punya Kartu Identitas

Salahsatu emilik sapi di Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Tidak hanya manusia saja yang memiliki kartu identitas. Hewan sapi kini juga bisa memliki kartu identitas berupa Kartu Identitas Ternak (KIT). Meski demikian, pemberian KIT masih diprioritaskan di Kecamatan Jatiroto.

Kartu tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pertanian Lumajang, bertujuan sebagai bukti kepemilikan hewan ternak. Adapun tercatat informasi nama peternak, alamat, ciri-ciri, jenis ternak bahkan ras ternak hewan itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Paiman menjelaskan, dengan dikeluarkan kartu ternak, bisa meminalisir pencurian sapi di wilayah Lumajang. Harapanya, dapat melacak kepemilikan hewan ternak yang hilang atau dicuri.

“Selama ini ternak-ternak yang hilang sulit dilacak karena kartunya tidak ada,” jelasnya, Senin (28/06/202).

Terpisah, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, drh. Rofiah menambahkan, KIT juga berfungsi sebagai sarana tertib administrasi dalam kegiatan proses jual beli hewan ternak.

“Nanti akan dipersyaratkan untuk jual beli, ketika jual beli sapi potong baik itu di pasar itu harus menunjukan kartu ternaknya, ini juga untuk pengawasan di rumah potong hewan,” pungkasnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60