Disnakertrans Jatim Bantu Sertifikasi Kompetensi 1.750 Calon Pekerja Migran

Bantuan sertifikasi kompetensi bagi PMI Jatim.

Surabaya, Jatim Hari Ini – Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim kembali meluncurkan program bantuan sertifikasi kompetensi bagi 1.750 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kadisnskertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo menjelaskan, program ini menjadi kesatuan Inovasi Pelayanan Publik simPADU PMI yang dikembangkan JatimMigrantCare.

Bacaan Lainnya

Program ini juga bertujuan mendorong kesiapan ketrampilan calon PMI sambil menunggu dibuka kembali penempatan ke negara mitra di luar negeri.

Calon PMI bisa menghubungi Disnaker kabupaten/kota masing-masing untuk mendaftar dan meminta surat pengantar ke BLK yang dituju. Kemudian mengikuti pelatihan dan uji sertifikasi atau ke UPT P2TK Disnakertrans Jatim.

Ada 5 Lembaga Sertifikasi Profesi(LSP) profesi domestic workers dan 4 LSP profesi formal workers. Diantaranya di sektor operator produksi, konstruksi, elektronika, dan spa yang bergabung dalam program tersebut.

“Masyarakat dapat mengakses program ini mulai 1 Juli 2021. Program bantuan sertifikasi ini seperti bantuan pelatihan juga diperuntukam khusus bagi warga Jatim,” pungkas Himawan. (tik)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60