Posbakum Lumajang Gencar Memberikan Penyuluhan Hukum ke Masyarakat

Sekretaris Posbakum Lumajang Abdul Rokhim, SH., M.S.i .

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Lumajang gencar blusukan ke tengah masyarakat sambil memberikan penyuluhan hukum. Baik hukum perdata maupun hukum pidana.

Sekretaris Posbakum Lumajang Abdul Rokhim, SH., M.S.i kepada Jatimhariini.com mengatakan, Posbakum hadir ke tengah masyarakat untuk mencerdaskan masyarakat. Supaya mengerti hukum, juga melaksanakan hukum sebagaimana mestinya.

Bacaan Lainnya

Dengan penyuluhan hukum seperti ini, diharapkan masyarakat bisa menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya.

“Dengan penyuluhan hukum ini diharapkan pula masyarakat bisa mentaati hukum ketika mengalami masalah,” ucapnya.

Lanjutnya, Posbakum hadir ketengah masyarakat, bukan untuk menyelesaikan masalah masyarakat. Akan tetapi untuk memahamkan masyarakat tentang hukum ketika sedang menghadapi masalah. Sehingga bisa menyelesaikan sendiri secara benar.

Dan tak kalah pentingnya, apabila masyarakat sudah paham hukum kemudian ditimpa masalah, mereka tidak mudah percaya kepada pihak lain yang ingin memanfaatkan kondisi itu.

“Inti dari penyuluhan hukum ini supaya masyarakat mengerti hukum dan melaksanakan sebagaimana mestinya,” katanya.

Masih kata Abdul Rokhim, Posbakum juga membuka pelayan konsultasi hukum gratis. Masyarakat yang membutuhkan bisa datang langsung ke kantor Posbakum di Jalan Gatot Subroto tepatnya depan Pengadilan Negeri Lumajang pada setiap jam kerja.

Posbakum adalah bagian dari yayasan biro bantuan hukum Lumajang yang didirikan oleh Peradi Lumajang sejak tahun 2018. Di masing-masing Kecamatan kantor Posbakum juga telah ada.

Masih kata Ketua Peradi, bahwa penyuluhan hukum sudah dilakukan di tiga tempat. Yakni di Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto, Desa Tegalrejo Kecamatan Tempursari, dan Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung.

Sesuai jadwal yang ada, Minggu depan kegiatan yang sama akan dilaksanakan di Desa Papringan Kecamatan Klakah.

“Posbakum memastikan bahwa penyuluhan hukum ke masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Lumajang tuntas dalam tahun ini,” ungkapnya. (cho/red)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60