Stagen Magetan Berhasil Tembus Pasar Yogyakarta

Stagen adalah semacam korset berbentuk kain panjang yang dililitkan ke perut.

Magetan, Jatim Hari Ini –  Belum banyak yang tahu, jika di Magetan ada produsen Stagen. Stagen adalah semacam korset berbentuk kain panjang yang dililitkan ke perut.

Kebanyakan perempuan percaya bahwa dengan menggunakan stagen dapat memperkecil dan memperkencang perut. Di era modern seperti saat ini, banyak dari kita yang tidak pakai stagen.

Bacaan Lainnya

Namun siapa sangka, usaha ini masih relevan dan masih memiliki konsumen. Bahkan stagen asal Magetan ini, memiliki pasar sampai area Yogyakarta dan sekitarnya.

Produsen Stagen asal Magetan tersebut adalah Sukarno. Dia adalah seorang pengusaha stagen asal Desa Sidokerto Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan.

Sukarno mengaku dapat memproduksi 300 stagen perhari dengan 27 alat tenun stagen dan dibantu 25 karyawan. Stagen asal Magetan ini berjenis Pengkol dan Glintir. Satu stagen dia hargai mulai dari Rp. 25 ribu  sampai Rp. 35 ribu. Sehingga dalam satu bulan omsetnya mencapai sekitar 250 juta.

Beginilah sebuah inovasi bekerja. Sukarno yang belajar membuat stagen secara tradisional dari Jogja, kemudian malah bisa memproduksi stagen dengan alat modern dan dijual di Jogja. Pemerintah Magetan juga berharap warga Magetan lainnya memiliki inovasi atau setidaknya mengadopsi inovasi daerah lain untuk dikembangkan di Magetan untuk kemajuan Magetan. (put)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60