Dinas Pendidikan Lumajang Sudah Tindaklanjuti Masalah Pengelolaan Dana BOS

Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Agus Salim.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Dinas Pendidikan Lumajang sudah tindaklanjuti hasil temuan BPK RI. Yakni terkait masalah tata kelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Agus Salim mengatakan, ditemukan pengelolaan kas dana BOS yang salah. Misal masuk rekening pribadi, penunggakan pajak, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah sekarang dana lebih tersebut sudah dikembalikan ke rekening semula,” katanya saat dihubungi jatimhariini.com, Jumat (25/6/2021).

Tak hanya itu, Agus menyebut ada empat sekolah lebih melakukan pelanggaran dengan kasus bervariasi. Itupun, sekarang sudah ditangani Inspektorat guna dikenakan sanksi adminstrasi terkait permasalahan masing-masing.

“Sanksi sudah ada, sudah ditangani oleh Inspektorat mereka yang tentukan. Bagaimana bentuk sanksinya seperti penundaan jenjang karir, teguran lisan dan lainnya, itu wewenang Inspektorat yang tahu, bukan Dinas Pendidikan,” ujar Agus, Kamis (24/06/2021).

Untuk kedepannya, Agus mengantisipasi hal serupa tidak terjadi lagi. Pihaknya juga sudah melakukan pembinaan langsung di setiap korwil dengan Kepala sekolah serta dengan cara bersurat.

“Saya berharap tidak terjadi lagi, pihaknya juga melibatkan seluruh pengawas, guna nanti dana Bos di tahun ini sesuai mekanisme juknis, juklaknya BOS,” pungkasnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60