UPT PPSAA Sumenep Kirim 33 Eks Anak Asuh ke Perguruan Tinggi

UPT PPSAA Sumenep Kirim 33 Eks Anak Asuh ke Perguruan Tinggi.

Sumenep, Jatim Hari Ini – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (PPSAA) Sumenep Dinas Sosial Provinsi Jatim berhasil mengirim 33 eks anak asuh (klien) ke perguruan tinggi dalam tiga tahun terakhir, baik negeri maupun swasta.

Hal ini disampaikan Kepala UPT PPSAA Sumenep Imron Joesoef Joelinar melalui siaran pers, Kamis (24/6/2021).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, batas proses layanan di UPT PPSAA hanya sampai lulus SMA. Begitu lulus, banyak anak asuh UPT PPSAA Sumenep yang berhasil melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Mereka memiliki minat tinggi untuk melanjutkan sekolah, disiplin, rajin belajar, dan giat beribadah. Mereka juga bertekad kuat untuk berkuliah, jadi mereka mengejar untuk dapat beasiswa, baik bidik misi ataupun program beasiswa lainnya,” ungkap Imron.

Faktor internal yang dimiliki anak asuh itu didukung dengan faktor eksternal (lingkungan) di UPT PPSAA. Guna menunjang keberhasilan mereka, UPT PPSAA menyediakan tenaga instruktur pelajaran. Mulai dari bahasa Inggris, Matematika, dan pelajaran lainnya. Bahkan, instruktur untuk Tahfidz Alqur’an juga disediakan.

Diakui Imron, masih ada anak asuh yang ingin berkuliah, namun belum lolos tes perguruan tinggi.

“Harapan kami Dinsos Jatim melalui Bidang Pengembangan menjalin kerja sama dengan lebih banyak perguruan tinggi negeri atau swasta agar anak asuh kami diberi kemudahan melanjutkan pendidikan,” harapnya.

Imron menjelaskan, UPT PPSAA Sumenep memiliki 100 anak asuh. 60 anak berada di Sumenep, sementara lainnya berada di kelas jauh UPT PPSAA di Bangkalan.

“Selain berkuliah, banyak pula anak asuh UPT PPSAA yang memilih untuk bekerja setelah lulus. Mereka mengikuti pelatihan keterampilan di UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) Pamekasan,” tuturnya.

Apapun pilihan anak asuh setelah lulus, Imron menegaskan akan selalu mendukung mereka.

“Kami selalu memberi arahan kepada anak asuh. Jika mereka ingin berkuliah kami akan mendukung, begitu pula jika mereka ingin bekerja kami juga akan membantu,” pungkasnya. (ful)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60