Halau Kendaraan Tambang, Portal Dipasang di Jalan Jokarto-Sumbersuko Lumajang

Petugas memasang portal.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pemerintah Kabupaten Lumajang membuat portal di jalan arah Jokarto-Sumbersuko. Portal tersebut digunakan untuk menghalau kendaraan tambang.

Kepala Desa Jokarto, Afifudin mengatakan jika wilayahnya dalam pemasangan itu hanya ketempatan saja. Sedangkan yang membuat portal itu gabungan dari Dinas PU, Pol PP dan Dishub.

Bacaan Lainnya

Karena jalan itu bukan jalan milik desa, melainkan milik kabupaten. “Yang membangun portal itu PU dengan disaksikan Dishub juga Pol PP,” ungkap Afifudin ketika dihubungi jatimhariini.com, Kamis (24/6/2021).

Sementara Kasi Ketertiban Umum Satpol PP, Eko Budi Santoso menyampaikan, setelah dibangun portal terkait penjagaan dan pemanfaatannya akan dikembalikan kepada pihak desa. Karena yang berhak menolak dan banyak dirugikan adalah masyarakat desa tersebut.

Untuk sementara, angkutan material tambang masih bisa melalui jalur Tumpeng dan keluar di jalan pasar Tempeh.

“Sebetulnya lewat jalan Tempeh pun tidak boleh berdasarkan UU No. 3 Tahun 2020, makanya pemerintah memberikan batas portal,” ujar Eko Budi.

Pemasangan portal juga dimaksudkan untuk menjaga asset kabupaten berupa jalan. Meski sudah terpasang portal, Eko menjelaskan kendaraan tambang yang tidak membawa muatan masih bisa melintas.

“Yang membawa pasir tidak boleh lewat. Kalau truk kosong ya boleh-boleh saja, itu pun tergantung dari masyarakat yang menjaga portal,” katanya.

Eko juga menyampaikan jika sebelumnya banyak warga yang mengeluh. Setelah ditampung keluhan tersebut melalui kades-kades, dan semua pihak dikumpulkan. Kemudian dibuatkan portal.

“Pembuatan portal itu sesuai instruksi bupati,” katanya lagi.

Kasi Pengendalian dan Operasional Dishub Lumajang, Moch. Arifi juga menyampaikan hal yang sama, bahwa jalan tersebut tidak boleh dilewati kendaraan besar apalagi bermuatan pasir.

“Kendaraan besar memang tidak boleh lewat. Jadi intinya semua kendaraan yang membawa pasir ya tidak boleh lewat,” tegasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60