Napi Teroris di Lapas Lumajang akan Keluar Bulan Depan

Napi teroris menjalani ikrar sumpah setia pada NKRI.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Ahmad Dani, napi terorisme (napiter) akan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lumajang bulan depan.

Dia pun sudah menjalani ikrar sumpah setia pada NKRI, Rabu (23/6/2021) sekira pukul 10.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kalapas Klas II-B Lumajang Agus Wahono, A.Md.IP, SH, MH kepada jatimhariini.com menuturkan, setelah menyatakan ikrar setia pada NKRI, maka hak-hak napi sebagai warga Negara Indonesia akan dikembalikan.

Hak-hak itu diantaranya untuk mendapatkan remisi dan pembebasan bersyarat(PB). Napi tersebut sebenarnya harus menjalani masa pidananya hingga 2023 mendatang. Namun ada remisi dan PB sehingga masa kurungan bisa berkurang.

“Setelah ikrar ini, akan kita ajukan remisi dan PB. Jika semuanya lancar, bulan depan bisa keluar,” tutur Agus Wahono ketika ditemui di ruang kerjanya.

Untuk mengajukan asimilasi, yang menjadi syarat utamanya adalah napiter harus mempunyai surat Justice Colaborator (JC) dari Densus 88. Setelah itu, pihaknya juga akan mengajukan surat keterangan Deradikalisasi ke BNPT.

“Untuk mengajukan itu, harus dilampiri ikrar sumpah setia pada NKRI,” jelas Agus. Lanjutnya, selama ini sempat terjadi tarik ulur pelaksanaan ikrar tersebut. Alasannya, masih terkendala pemahaman dari pihak keluarga napi.

“Tidak ada paksaan, ikrar ini murni keinginan dari yang bersangkutan,” pungkasnya.

Acara pembacaan ikrar dan pengambilan sumpah setia oleh napiter disaksikan Forkopimda, Densus 88, BNPT, Bapas Jember dan Kemenag Lumajang. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60