Pemkot Mojokerto Wujudkan Program Satu Keluarga Satu Sarjana

Perjanjian kerjasama untuk Program Satu Keluarga Satu Sarjana.

Mojokerto, Jatim Hari Ini – Pemerintah Kota Mojokerto mewujudkan Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS).

Program SKSS ini merupakan inovasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Mojokerto guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Bacaan Lainnya

Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, untuk mewujudkan program ini, pihaknya terus bergerak bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya dengan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu. Salah satunya bekerjasama dengan Baznas dan Universitas Mayjen Sungkono (Unimas).

“Selama ini Pemkot Mojokerto sudah memfasilitasi mahasiswa asal Kota Mojokerto yang kurang mampu yang diterima di Perguruan tinggi negeri (PTN),” katanya saat penyerahan simbolis biaya pendidikan bagi mahasiswa, Sabtu (19/6/2021).

Saat ini ada 16 anak yang masuk PTN yang sudah dibantu Pemkot, sedangkan yang Perguruan tinggi swasta (PTS) sebanyak 5 anak.  Namun demikian masih bisa ditambahkan lagi sesuai alokasi anggaran yang ada di Baznas.  Menurut rencananya kedepan satu tahun 10 anak mahasiswa.

Dikatakannya, upaya meningkatkan IPM pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya Balitbang Kominfo yang menyiapkan 16 digital scholarship yang sasaranya anak lulusan SMA, mahasiswa, sarjana, angkatan kerja muda, ASN dan Non ASN, serta  masyarakat umum.

Kemudian Panashonik gobel fondantion kerjasma vocation bidang elektronik, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Timur yang memberikan CSR nya untuk peningkatan UMKM, kerjasama pula dengan Time Indonesia dengan anggaran Rp 1 miliar untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Kota Mojokerto.

“Untuk bangkit dari pandemi dan meningkatkan sumber daya manusia kedepan kami tidak bisa sendirian, kami perlu bekerjasama dengan berbagai pihak.  Itu yang kami lakukan untuk mengkoordinir siapa saja yang memiliki tanggungjawab dan kewenangan untuk bersama-sama membangun Kota Mojokerto,” kata Ita. (rik)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60