Bukan Soal Untung Rugi, Bupati Lumajang Beri Penjelasan Terkait SKAB

Bupati ketika menemui sopir truk pasir.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Bupati Lumajang Thoriqul Haq beri penjelasan perihal Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) pasir yang dinilai dijual sangat mahal oleh pemilik tambang kepada sopir truk pasir.

Bupati mengatakan, pihaknya sudah berupaya menertibkan SKAB yang dilakukan petugas gabungan. Hal itu menurutnya dirasa efektif.

Bacaan Lainnya

“Nah, begitu ada penindakan SKAB, yah sekarang ini ketemu semua problem (permasalahan),” katanya saat dikonfirmasi jatimhariini.com

Disinggung, apakah Pemkab merasa di rugikan perihal permasalahan SKAB tersebut. Cak Thoriq menegaskan, Ini bukan soal untung rugi. Namun, tata kelola yang ada di pertambangan pasir yang perlu diperbaiki.

Apalagi, mereka yang jual SKAB itu juga butuh operasional keuntungan yang ada di pertambangan atau perusahaan. “Misal alat berat, truk sendiri, truk stopel kan itu dunia usahanya begitu,” tegasnya Senin (21/06/2021).

Ia menambahkan, ada yang tidak masuk mekanisme ini. Seperti penambang manual yang ikut hidup di wilayah pertambangan pasir.

“Terlebih banyak truk pasir yang ambil pasir di (penambang) manualan,” jelasnya.

Selain itu, Ia menuturkan, jika tetap dibiarkan seperti ini, pihaknya bukan mikir untung rugi pemerintah.

“Ini mikirnya untuk semua di kehidupan pertambangan pasir, semua dapat income ekonomi,” pungkas Thoriq. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60