500 Personil Komcad Mengikuti Latihan Dasar Militer di Malang

Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha saat di Kesatrian Dodikjur Rindam V/Brawijaya, Kota Malang.

Malang, Jatim Hari Ini – Sebanyak 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) mengikuti Pembekalan Latihan Dasar Militer. Pembekalan digelar di Kesatrian Dodikjur Rindam V/Brawijaya, Kota Malang, Senin (21/6/2021).

Dari 500 peserta komcad, sebanyak 138 peserta dari Jawa Timur dan 162 dari Papua. Pembukaan latihan digelar melalui upacara pembukaan latihan dasar kemiliteran yang dipimpin oleh Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kemenhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto sangat mengapresiasi kesiapan dan kerelaan para peserta komponen cadangan.

“Kerelaan ini wujud tanggung jawab bersama akan pentingnya kesadaran bela negara,” kata Dadang dalam amanat Menhan RI yang dibacakannya.

Pertahanan negara, kata Dirjen Pothan, dilakukan dengan tujuan untuk menjaga sekaligus melindungi kedaulatan negara. Dinamika perkembangan lingkungan strategis, kata dia, telah menciptakan sebuah ancaman, tantangan dan resiko yang sangat kompleks.

“Oleh karena itu, Kementerian Pertahanan terus berupaya menyempurnakan sistem pertahanan negara yang tepat untuk menghadapi segala bentuk ancaman,” ujarnya.

Untuk diketahui, seleksi mengikuti komcad tentunya tidak mudah. Latihan dasar militer adalah rangkaian menuju kesiapan menjadi seorang komponen cadangan.

Latsarmil itu, digelar selama 3 bulan tepatnya pada tanggal 21 Juni hingga 21 September mendatang. Jika berhasil lulus dalam latihan itu, peserta komcad akan dikembalikan ke status atau profesinya masing-masing.

“Dan pastinya, harus siap ketika dibutuhkan negara,” tegas Mayjen Dadang. (ian)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60