UMKM Lumajang Gagas “Rumah Kita” dengan Unfinished Konsep

Gedung eks Dinas Koperasi akan dijadikan sentra kegiatan UMKM Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Komunitas UMKM Lumajang berencana memanfaatkan gedung Prasetya Karya sebagai sentra kegiatan UMKM. Gedung eks Dinas Koperasi yang ada di jalan Letkol Slamet Wardoyo itu rencananya juga digunakan sebagai pusat oleh-oleh.

Mochammad Bachrul Wahid selaku koordinator Pokja UMKM mengatakan, gagasan tersebut muncul secara spontanitas. Awalnya, pihaknya diundang rapat oleh Dinas Koperasi, berkenaan dengan persiapan menyambut hari Koperasi yang jatuh pada bulan Juli.

Bacaan Lainnya

Untuk membuat gebrakan baru, pihaknya memilih gedung tersebut sebagai pusat kegiatan. Selain mudah diakses oleh pegiat UMKM yang ada, juga memudahkan pihaknya ketika berkoordinasi dengan Bidang UMKM.

Awalnya, gagasan tersebut sempat ditolak karena tidak ada anggaran untuk perbaikan gedung. “Setelah diskusi dengan teman-teman, dan kita jelaskan rencananya. Akhirnya ide itu disetujui,” ungkap Bachrul kepada jatimhariini.com beberapa hari lalu.

Untuk melaksanakan idenya itu, Ia sengaja menggandeng beberapa komunitas dan relawan. Termasuk tenaga ahli dibidang konstruksi untuk menghitung biaya dan melakukan perbaikan.

“Proyek ini kita beri nama “Rumah Kita”, dengan target budget seminim mungkin dan waktu sesingkat mungkin,” katanya.

Disinggung mengenai dana, Bachrul mengaku menggalang donasi dari penjualan kaos yang disupport oleh salahsatu pengusaha konveksi. Hasilnya akan digunakan untuk memperbaiki gedung tersebut.

“Kita lakukan perbaikan kecil-kecilan, tanpa merubah bentuk. Kita gunakan Unfinished konsep untuk mencapai target waktu dan biaya,” katanya lagi.

Bachrul menargetkan, perbaikan gedung harus selesai pada tanggal 12 Juli mendatang. Pihaknya juga terus berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat dan instansi, untuk mensukseskan proyek “Rumah Kita”.

“Kita rangkul semua pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta. Siapa pun yang mau bergabung, monggo,” tandasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60