TKSK Pacitan Ikut Sukseskan Program Jatim Bebas Pasung

TKSK Pacitan

Pacitan, Jatim Hari Ini – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Nawangan, Pacitan, Mohammad Husein mengatakan, pihaknya turut menyukseskan program Jatim Bebas Pasung yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jatim.

“Dalam satu hari, Dinas Sosial bersama TKSK dan Pendamping PKH membebaskan dua klien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menjadi korban pasung di Kecamatan Nawangan,” jelas Husein, Rabu (16/6/2021).

Bacaan Lainnya

Lanjutya, aksi pembebasan pasung tersebut mendapat respons positif dari Pemerintah Desa Ngoromo dan Desa Penggung. Mereka berterima kasih kepada Tim Peduli Pemerlu Pelayanann Kesejahteraan Sosial (PPKS) karena telah memperhatikan ODGJ dan penyandang disabilitas di desa mereka.

Secara terpisah, Koordinator TKSK Pacitan, Jemi Darmawan menambahkan, sebagai koordinator TKSK, pihaknya akan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemkab Pacitan untuk mewujudkan Pacitan bebas pasung.

“Berdasarkan data pendamping pasung, di Pacitan terdapat tiga orang ODGJ yang menjadi korban pemasungan. Dengan dibebaskannya SO dan TJ, maka masih ada satu orang klien pasung,” katanya.

“Rencananya, pembebasan satu klien ini akan dilakukan dalam minggu ini juga,” terang Jemi. Hadir dalam kegiatan pembebasan tersebut, Camat Nawangan, tim medis Puskesmas Pakis Baru, Kepala Desa Ngoromo dan Penggung, serta beberapa unsur lainnya,” tambahnya. (nov)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60