BNNK Gresik dan Pensosmas Jatim Beri Penguatan Kader ‘Teman Sebaya’

Penguatan kepada kader teman sebaya.

Gresik, Jatim Hari Ini – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik bersama Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) Provinsi Jatim untuk memberikan penguatan kepada kader teman sebaya.

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Front One Gresik itu dikemas dalam bentuk dialog interaktif dan diikuti 10 orang peserta.

Bacaan Lainnya

Mereka merupakan remaja perwakilan Karang Taruna dari beberapa desa yang menjadi pilot program di kabupaten Gresik. Diantaranya, Desa Sidowungu, Desa Sidojangkung, Desa Hulaan, dan Desa Menganti dari Kecamatan Menganti, serta Desa Lowayu Kecamatan Dukun.

Selama 10 kali pertemuan, para remaja tersebut diberi pembekalan guna pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Dalam pertemuan tersebut, BNNK Gresik mengundang anggota Pensosmas Jatim, Sri Hariani Murti untuk memberikan materi tentang assertivenes remaja.

“Pendekatan asertif dapat mengembangkan kepercayaan diri dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang harga diri kader teman sebaya nantinya, serta mereka dapat tegas menolak segala tawaran negatif terutama narkoba,” ujar Sri Hariani Murti, Rabu (16/6/2021).

Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNNK Gresik dan Subkoordinator Bidang P2M BNNK Gresik, Basuki Risdiyanto, menjelaskan, saat ini penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja makin meningkat. Berdasarkan data, kelompok masyarakat yang paling rawan terpapar penyalahgunaan narkoba adalah mereka yang berada pada rentang usia 15-35 tahun atau generasi milenial.

“Sebagai langkah preventif terhadap penyalahgunaan narkoba, BNN menyusun alat ukur ketahanan diri anti narkoba, yaitu Anti Drugs Scale (ADS) yang dapat digunakan sebagai instrumen pemetaan kondisi masyarakat Indonesia dalam kemampuan mengendalikan diri dan menolak untuk terlibat serta terpengaruh dalam penyalahgunaan Narkoba. Alat ukur ADS terdiri dari tiga dimensi, yaitu self regulation, assertiveness, dan reaching out,” jelas Basuki. (bal)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60