BBP2TP Kawal Gerakan Pengendalian Uret Tebu di Kediri

Gerakan Pengendalian Uret Tebu di Kediri.

Kediri, Jatim Hari Ini – Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya mendapatkan mandat dari Direktorat Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian untuk mengelola dan mengawal kegiatan Gerakan Pengendalian Uret Tebu di Kediri.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, BBPPTP Surabaya dibantu Dinas Pertanian dan Perkebunan Kediri.

Bacaan Lainnya

Kepala BBPPTP Surabaya, Ir. Purwo Widiarto, MMA mengatakan, gerakan ini dilaksanakan di Gapoktan Harapan Makmur Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Kegiatan ini merupakan salah satu contoh bentuk pengendalian yang melibatkan masyarakat/petani.

Petani dituntut aktif dalam menjaga kebunnya. Sedangkan pemerintah melaksanakan tanggungjawab dalam pemberian bantuan perangkat pengendalian berupa 200 unit jaring, dan 200 unit peralatan penunjang berupa bambu, kawat.

“Bantuan itu untuk pengendalian uret tebu seluas 100 hektare, serta pembinaan yang dilakukan petugas balai dibantu petugas lapang. Aksi gerakan pengendalian uret tebu dilakukan secara mekanis pada saat pengolahan tanah menggunakan traktor,” katanya, Rabu (16/6/2021).

Pada aksi gerakan pengumpulan uret ini secara nyata mampu mengurangi populasi uret. Jika terdapat uret yang masih lolos dan berkembang menjadi imago, akan dilakukan pengendalian lagi dengan pemasangan jaring perangkap imago pada bulan Oktober.

Harapannya dengan aksi gerakan pengendalian ini petani mampu mengadopsi teknologi dan menerapkannya pada kebunnya sendiri. Dengan demikian, intensitas serangan dan populasi uret tebu yang menjadi permasalahan bagio petani selama ini dapat teratasi. (pri)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60