Puluhan Peserta Ikuti Bimbingan Wirausaha Baru di Malang

Bimbingan wirausaha baru melalui pengembangan dan perluasan kesempatan kerja tahun 2021 di Hotel The Aliante.

Malang, Jatim Hari Ini – Sebanyak 50 peserta mengikuti bimbingan wirausaha baru melalui pengembangan dan perluasan kesempatan kerja tahun 2021 di Hotel The Aliante (Hotel Ollino) Malang, Senin (14/6/2021).

Peserta tersebut berasal dari 10 kabupaten/kota yang masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 5 orang  peserta. Diantaranya dari Bojonegoro, Tuban, Sumenep, Ngawi, Magetan, Banyuwangi, Bondowoso, Ponorogo, Pacitan dan kota Malang.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Jatim  Sunarya S mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah wirausaha-wirausaha baru yang berkualitas dan profesional.

Sedangkan tujuannya untuk menciptakan wirausaha baru dalam satu wadah kelompok usaha bersama yang mandiri, efisien, efektif secara produktif dan beretos kerja tinggi. Serta mampu membaca peluang pangsa pasar di daerahnya, meningkatkan ketrampilan dan keahlian teknis di bidang pangan olahan.

Lanjutnya, tantangan besar yang kita hadapi saat ini adalah tingginya jumlah pengangguran dan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Jumlah pengangguran setiap tahun terus bertambah, dikarenakan terbatasnya kesempatan kerja yang tidak sebanding dengan pertumbuhan angkatan kerja baru.

Apalagi dengan terjadinya pandemi covid-19 saat ini, yang dampaknya sangat luar biasa, banyak pekerja yang dirumahkan dan di PHK oleh perusahaan, sehingga hal ini akan semakin menambah jumlah angka penggangguran. Sesuai data yang dilaporkan jumlah pekerja yang di PHK dan dirumahkan sebanyak 41.384 dari 767 perusahaan. (ian)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60