Peringati DDS, PMI Bondowoso Gelar Donor Darah di KUA

Donor darah di PMI Bondowoso.

Bondowoso, Jatim Hari Ini – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bondowoso dengan mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Urusan Agama (KUA)  Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan itu digelar untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia (DDS) yang bertepatan tanggal 14 Juni 2021.

Bacaan Lainnya

Plt Ketua PMI Bondowoso, Muchamad Taufiq, SH,MH mengatakan pelaksanaan kegiatan donor darah kali ini sebagai bentuk penguatan komitmen PMI dalam memenuhi ketersediaan darah. Sekaligus memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk memiliki semangat mendonorkan darah secara rutin.

Selain untuk kemanusiaan denga membantu sesama, juga demi menjaga kesehatan. “Kami juga mengajak kepada pendonor pemula sebagaimana tema pada hari DDS 2021 yakni Give Blood and Keep The World Beating. Sehingga ketersediaan darah tercukupi di Kabupaten Bondowoso maupun sekitarnya,” ujar Taufiq.

Pada kesempatan yang sama, Taufiq juga menambahkan bahwa untuk menguatan, PMI Bondowoso saat ini memberikan kesempatan kepada 9 relawannya untuk mengikuti pelatihan fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) yang diselenggarakan oleh PMI Provinsi Jawa Timur yang berakhir pada Minggu (13/6/2021) lalu.

Saat ini, lanjut dia, masih tersisa 5 pelatihan lagi yang harus diikuti oleh relawan yang ditunjuk tersebut. Tentunya, mereka tetap harus melakukan konsolidasi secara terus menerus. Karena sudah cukup lama kegiatan relawan di PMI Bondowoso vakum.

“Kita berharap agar para relawan terus secara kontinyu melakukan konsolidasi. Agar mereka mampu memahami tentang tugas dan tanggungjawab relawan. Maklum, selama ini kegiatan relawan di PMI Bondowoso sudah cukup lama vakum,” harapnya.

Sisa pelatihan yang harus dijalani berikutnya, diantaranya tentang tanggap darurat bencana, manajemen posko, pertolongan pertama tingkat madya, pelatih general dan bocah. (adi)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60