Gadis asal Desa Selopanggung Kediri Berubah Status Jadi Laki-laki

Kediri, Jatim Hari Ini – Masih ingat Aprilia Manganang sosok atlit bola volly yang merubah jenis kelamin dan namanya. Hal yang sama dirasakan Ani Kasanah (21) warga Dusun Tunggul Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri sejak kecil kondisinya perempuan. Sekarang berubah Anang Sutomo.

Setelah menginjak remaja, banyak  perubahan hormon pada diri yang lebih cenderung pada laki-laki. Atas dasar tersebut pihaknya melakukan pengobatan yang penyempurnaan kondisi fisik yang sekaligus perubahan nama.

Bacaan Lainnya

Luka Fardani, SH,MH selaku penesehat hukum dari pemohon mengatakan, sidang hari ini adalah sidang pertama, dengan agenda pengajuan permohonan perubahan status jenis kelamin. Yang awalnya perempuan kini menjadi laki-laki.

“Jadi pada sidang pertama kali ini, kami juga mengajukan bukti surat dan dua orang saksi. Dan saksi yang akan kita hadirkan nanti dokter yang melakukan yang melakukan operasi,” jelas Luka kepada Jatimhariini.com, Selasa (15/6/2021)

Menurutnya dalam permohonan kami sudah jelas, sejak kecil bawaannya seperti perempuan. Namun setelah dilakukan pengecekan sel darah maupun kromosom hasilnya 46,XY artinya laki laki.

“Jadi dalam sidang ini dilakukan untuk permohonan perubahan status jenis kelamin dalam data kependudukan dan pergantian nama. Karena tidak lazim, anaknya laki-laki namanya perempuan. Makanya diajukan perubahan status,” tuturnya.

Perubahan kondisi fisik maupun hormon pada diri Anang Sutomo sebelumnya bernama Ani Kasanah, sejak duduk dibangku SMP. Dirinya  merasa tidak layaknya seperti anak perempuan pada umumnya, yakni menstruasi maupun muncul payudara.

“Atas perubahan kondisi tersebut akhirnya berkonsultasi pada gurunya. Dan gurunya menyarankan untuk melakukan pemeriksaan. Dan dalam persidangan juga kami sampaikan, kalau biaya pemeriksaan maupun pengobatannya dibiayai oleh pemerintah dan para donatur,”ucapnya.

Ia juga menambahkan,  dalam persidangan juga kami sampaikan, bahwa disini adalah penyempurnaan bentuk laki-laki bukan perubahan. “Karena sudah jelas,  dari hasil pemeriksaan dokter ahli genetika di RS dr. Soetomo, hasilnya 46,XY . Yang berarti laki-laki. Maka dilakukan penyempurnaan,” pungkasnya. (pri)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60