Pemkab Lumajang Ajukan Pinjaman 200 Miliar ke Kemenkeu untuk Perbaikan Jalan

Jalan rusak di Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pemkab Lumajang sudah mengajukan pinjaman dana senilai Rp 200 miliar ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan  jalan di Lumajang.

Kepala Badan Perencanaa Pembangunan  Daerah (Bappedda) Lumajang Retno Wulandari mengatakan, pihaknya mengajukan bantuan melalui perusahaan di bawah naungan Kemenkeu, yakni PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Bacaan Lainnya

Sementara ini belum ada tembusan, pengajuan pinjaman tersebut disetujui apa tidak. “Diharapkan bila pinjamanan itu disetujui, digunakan untuk peningkatan infrastruktur jalan karena kondisi jalan kabupaten banyak yang rusak,” ungkapnya pada Jatimhariini.com, Sabtu (12/6/2021).

Retno menambahkan, ada program 40 ruas jalan kabupaten yang rencananya akan diperbaiki. Diutamakan jalan yang rusak di daerah Ranuyoso, Tempursari, dan jalan menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo Tengger Semeru (KSPN BTS).

Sementara, ditanya apakah sudah ada pembahasan dengan DPRD Lumajang terkait ini, Retno menyebut masih belum.Tapi sudah ada pemberitahuan ke pihak DPRD Lumajang.

“Memang belum dibahas dengan DPRD, karena belum ada kepastian pinjamannya disetujui oleh Kemenkeu atau tidak. Tetapi sudah ada pemberitahuan pada DPRD untuk rencana mengajukan pinjaman,” pungkasnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD H. Bukasan ketika dikonfirmasi soal ini membenarkan pihaknya sudah menerima laporan peminjaman tersebut. Namun Ia belum mengetahui program pinjaman dari Kemekeu itu digunakan untuk infrastruktur apa saja.

“Kami sendiri melihat pembangunan dasar di Lumajang masih belum tercukupi,” katanya saat ditemui Jatimhariini. com dikantornya, Sabtu, (12/06/2021).

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Akmad menambahkan, pihaknya belum menerima penjelasan dari Pemkab terkait titik-titik mana saja yang akan diperbaiki melalui dana dari Kemenkue tersebut.

“Apalagi bila pengajuan itu disetujui, pengembalian uang tersebut akan dipotongkan dari DAU (Dana Alokasi Umum),” jelas politisi PPP itu. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60