DPRD Lumajang Berharap DPMD Lebih Intens Lakukan Pembinaan Desa

Anggota DPRD Lumajang Muhammad Hasan.

Lumajang,  Jatim Hari Ini – DPRD Lumajang mengkritisi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), agar melakukan pembinaan lebih intens pada desa. Hal itu disampaikan pihak DPRD saat Rapat Paripurna di Kantor DPRD Lumajang, Kamis (10/6/2021).

Anggota DPRD Lumajang Muhammad Hasan menyampaikan, ada sejumlah permasalahan desa. Diantaranya desa yang akan melaksanakan PAW dan Pilkades serentak.

Bacaan Lainnya

“Diharapkan tidak ada alasan lagi untuk menunda dan terkesan ada pembiaran sehingga melanggar aturan regulasi pemerintah serta lainya,” ujarnya.

Ia menambahkan, masih ada desa yang memakai anggaranya tidak sesuai dengan peruntukanya. “Perlu diadakan bimptek Kepala Desa tentang pengelolaan uang secara sistimatis baik dan benar,” imbuhnya.

Menurutnya, DPMD harus melakukan pengawasan dan pembinaan tentang pengelolaan Bumdes pada desa.

“Banyak terjadi penyalahgunaan anggaran Bumdes untuk kepentingan pribadi dan golongan,” tuturnya.

Selain itu, Hasan mengatakan, masih ada kekosongan perangkat desa bahkan itu otomatis akan membawah pengaruh buruk dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“DPMD harus proaktif untuk memfasilitasi pemilihan perangkat sampai selesai dan sesuai aturan yang ada,” pungkasnya. (ted/fit)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60