Sejumlah Koperasi di Kota Probolinggo Dibubarkan

Logo Koperasi.

Probolinggo, Jatim Hari Ini – Sejumlah koperasi yang ada di Kota Probolinggo terpaksa dibubarkan oleh Pemerintah. Pembubaran ini terpaksa dilakukan setelah dilakukan pengawasan di lapangan.

Koperasi yang dibubarkan itu diantaranya yang sudah tidak aktif/fakum, tidak pernah melakukan RAT, tidak ada kegiatan, pengurus tidak jelas, dan juga alamat tidak ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Saya mohon bantuannya agar nama-nama koperasi yang ditutup ini bisa diinfokan, sehingga masyarakat tau semua, bahwa koperasi yang bersangkutan ini sudah dibubarkan dan tidak aktif,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo Fitriawati, Rabu (9/6/2021).

“Koperasi yang dibubarkan ini berbadan hukum semua tetapi tidak aktif. Dalam aturannya kalau 2 (dua) tahun tidak melakukan RAT sudah bisa kita usulkan ke Kementerian untuk dibubarkan. Namun kami masih memberikan kelonggaran,” tambahnya.

Lanjutnya, ada pengawasan terus dari pihaknya, kemudian juga ada pembinaan yang kiranya tidak aktif ini bisa aktif kembali. “Namun kalau sudah mentok mereka tidak bisa memperbaiki ya terpaksa kita usulkan untuk pembubarannya,” ucapnya.

Sejumlah Koperasi yang dibubarkan ini kata Fitriawati adalah usulan tahun 2018. Pembubaran koperasi ini bukan dari Dinas, namun dari Kementerian.

“Kita hanya mendata dan mengusulkan saja. Ini agar diketahui oleh masyarakat sehingga kalau ada kegiatan-kegiatan yang terkait koperasi ini kuatir disalah gunakan,” katanya.

Ia pun berharap kedepan koperasi bisa lebih bagus lagi, lebih profesional, dan jangan hanya membuat sebuah kelembagaan saja.

Dikatakannya koperasi itu bagus. Karena koperasi kalau benar-benar dilaksanakan dengan baik akan membantu kesejahteraan anggotanya. Tapi kalau tidak dilakukan dengan baik akhirnya akan menjadi masalah.

Data dari DKUPP, di Kota probolinggo ada sejumlah 255 koperasi. (Sug)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60