Konservasi Terumbu Karang Dilakukan di Laut Madura

Transplantasi terumbu karang di Laut Madura.

Sumenep, Jatim Hari Ini – Pertamina Gas Operation East Java Area (Pertagas OEJA) melakukan konservasi di Laut Madura. Tepatnya di Pulau Pagerungan Besar, Kecamatan Sepaken, Kabupaten Sumenep.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperkaya keanekaragaman hayati sekaligus memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni 2021.

Bacaan Lainnya

“Kami membuat kawasan transplantasi terumbu karang dan pembuatan apartemen atau rumah  ikan,” kata Manager Communication Relations dan CSR Pertagas, Elok Riani Ariza dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Lanjutnya, tersedianya terumbu karang dapat dijadikan tempat tinggal bagi biota laut dan tentunya dapat meningkatkan populasi jenis ikan di wilayah tersebut.

“Tujuan jangka pendek ialah menambah hasil tangkap nelayan  dan tujuan jangka panjangnya, konservasi ini dapat menyeimbangkan kelestarian alam serta meningkatkan kesejahteraan para nelayan setempat,” tutur Elok.

Program konservasi tersebut berlokasi di sekitar pipa gas milik Pertagas OEJA. Pemilihan wilayah pulau ini  dikarenakan wilayah tersebut merupakan salah satu lokasi yang dilalui oleh aset pipa bawah laut Pertagas.

Dalam upaya konservasi tersebut, Pertagas OEJA bekerja sama dengan Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DKPU ITS) dan melibatkan masyarakat setempat dalam implementasinya. (abu/red)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60