Wajah Bantaran Kali Kasin Malang Kini Berubah

Wajah sanitasi kawasan permukiman bantaran sungai di tepian Kali Kasin, Kelurahan Tanjungreja Kota Malang.

Malang, Jatim Hari Ini – Wajah Kali Kasin, Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang kini berubah. Kawasan tersebut kini sangat enak dipandang.

Ketua Kelompok Pemanfaat dan Pengelola (KPP) Tanjungrejo Barokah, Wowok menyampaikan, dulu banyak warga yang langsung membuang limbah rumah tangga ke sungai.

Bacaan Lainnya

Namun kini warga masyarakat sudah mulai sadar lingkungan, kebersihan, kesehatan, maupun perilaku hidup sehat, sehingga sudah berubah.

Selain itu, komitmen Pemerintah Kota Malang pun diakui masyarakat makin meningkat. Di antaranya, dengan terbitnya Peraturan Wali Kota Malang Nomor 32 Tahun 2019 yang menekankan arahan optimalisasi dana kelurahan untuk sanitasi.

Terkini, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) telah diluncurkan untuk menjawab kebutuhan pengelolaan sanitasi secara aman dalam sistem nonperpipaan.

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, capaian akses sanitasi layak terus meningkat dan telah menyentuh angka 84,12% pada tahun 2020. Artinya, Kota Malang makin sejalan dengan mimpi bebas BABS atau kini sering dikenal dengan 100% Open Defecation Free (ODF)

Dalam skala mikro, transformasi wajah sanitasi di Tanjungrejo adalah catatan manis yang diharapkan dapat memotivasi di tengah berbagai tantangan yang masih dihadapi.

Di sisi lain, Ketua RW 02 Kelurahan Tanjungrejo, Sumaji mengungkapkan awalnya beberapa warganya sempat kurang menghendaki pembangunan fasilitas sanitasi dengan alasan tidak ada lahan di sekitar rumah.

Hal ini karena masyarakat tidak tahu, bahwa sanitasi ini kedap dan akan dikuras paling tidak setiap tiga tahun sekali. Jadi, warga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi bau tidak sedap di sekitar tempat tinggal mereka. (rian)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60