Darurat! PMI Lumajang Kekurangan Stok Darah

PMI Lumajang darurat stok darah.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Bagian Humas dan Pelayanan PMI Lumajang, Trio Abdul Wahab kepada jatimhariini.com menyampaikan, pihaknya selama 2 minggu terakhir ini mengalami kekurangan stok darah. Khususnya untuk stok darah golongan darah B dan O.

Untuk meningkatkan perolehan kantong darah, PMI Unit Donor Darah Lumajang pun tambah jadwal mobil donor hingga 3 kali lipat.

Bacaan Lainnya

Pihaknya juga terus menghimbau pendonor agar segera mendonorkan darahnya di kantor pelayanan atau pun di mobil donor darah.

“Mobil donor kita tambah jadwalnya, biasanya sehari 1 tempat jadi 3 tempat,” tutur Trio ketika dihubungi jatimhariini.com, Senin (7/6/2021).

Kekurangan stok darah tersebut akibat naiknya permintaan darah dari tenaga medis di rumah sakit. Sedangkan jumlah pendonor berkurang setelah lebaran Idul Fitri.

Selain itu, warga yang telah dilakukan vaksin lengkap tidak bisa segera mendonorkan darahnya. “Yang baru selesai vaksin harus menunggu 2 minggu, baru boleh donor,” jelasnya.

Sementara stok plasma konvalsen terbilang cukup aman, meskipun jumlah pendonornya terbatas.

“Plasma konvalsen stoknya tidak banyak dan tidak urgen. Sedangkan darah B dan O stoknya berada di bawah standar,” pungkasnya.(rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60