Banyuwangi Punya Rumah Sakit Khusus Hewan, Ada Fasilitas UGD

Rumah sakit khusus hewan di Banyuwangi,

Banyuwangi, Jatim Hari Ini – Kabupaten Banyuwangi kini memiliki rumah sakit khusus hewan. Ada sejumlah fasilitas yang disediakan. Diantaranya Unit Gawat Daerurat (UGD).

Rumah sakit tersebut berada di Jalan Kartini, Nomor 56, Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani baru saja meresmikannya, Senin (7/6/2021).

Bacaan Lainnya

Selain UGD, di Rumah Sakit Hewan Banyuwangi itu juga tersedia Ruang Diagnostik, Ruang Bedah, Ruang Rawat Inap, laboratorium, dan apotek.

“Semoga ini bisa membantu warga menjaga kualitas hewan ternaknya maupun hewan peliharaannya mengingat sekarang semakin banyak pencinta binatang, juga komunitas-komunitasnya yang tumbuh di Banyuwangi,” kata Ipuk.

Rumah Sakit Hewan Banyuwangi ini merupakan peningkatan dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Peningkatan status ini bertujuan untuk memberikan peningkatan layanan kesehatan hewan yang ada di Banyuwangi.

“Kesehatan hewan ini tidak bisa disepelekan. Pertama, kita bisa mencegah penyakit yang menular dari hewan ke manusia. Kedua, ini bagian dari kesadaran kita untuk menghargai hewan, bagaimana kesejahteraan hewan diterapkan termasuk dari sisi kesehatannya,” jelas dia.

”Saya juga minta warga bila menemukan hewan yang sakit, seperti kucing atau anjing di jalan, bisa disampaikan agar ditangani,” imbuhnya.

Selama ini Banyuwangi memang memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap kesehatan hewan. Tak kurang ada 12 pusat kesehatan hewan (puskeswan) yang ada di Banyuwangi. Ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan kabupaten/ kota lain di Jawa Timur. (idr)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60