Pasien Covid-19 di Lumajang Terus Bertambah, 14 Orang Terkonfirmasi Positif

Tempat isolasi pasien Covid-19 di Kantor BKD Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Kasus aktif Covid-19 di Lumajang sempat tersisa 1 pasien saja. Namun kemudian terus bertambah. Kini, data terbaru dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lumajang, ada 14 orang terkonfirmasi positif.

Kepala Dinkes Lumajang dr. Bayu Wibowo melalui Kabid Pengendalian penyakit dr. Marshall mengatakan, penambahan pasien Covid-19 ini diantaranya akibat adanya klaster baru. Yakni dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang ke Lumajang.

Bacaan Lainnya

“Di hari ke-5 pasca pulangnya PMI, pemeriksaan swab ulang oleh Dinkes sudah dilakukan dan ditemukan ada yang hasilnya positif, serta ada yang menulari kerabatnya,” katanya saat dikonfirmasi jatimhariini.com, Sabtu (05/06/2021).

Namun Ia menuturkan, penularan Covid-19 yang terjadi tidak berasal dari PMI saja. Ada juga kasus baru yang tidak terikat dengan PMI.

“Yang pasti, pasien yang terkonfirmasi positif sudah dalam masa pemantauan dan perawatan tenaga kesehatan, bukan hanya di BKD tetapi di rumah sakit juga,” tuturnya.

Maka dari itu, Dinkes sudah berkoordinasi dengan petugas yang tergabung dengan Satgas Covid-19 terkait ini.

“Saat ini, Dinas Kesehatan masih melakukan tracing atau penelusuran terhadap klaster PMI dan lainnya,” imbuhnya

Marshal mengimbau, agar masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan. Dikarenakan hal itu bisa menekan penularan dan penyebaran Covid-19.

“Kesadaran masyarakat terpenting dengan mengenakan masker secara tertib, dan hindari kerumunan masih terjadi di beberapa tempat,” pungkasnya. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60