Topeng Kaliwungu Lumajang Didaftarkan jadi Warisan Budaya Tak Benda

Topeng Kaliwungu.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pihak Pemkab Lumajang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mendaftarkan Topeng Kaliwungu sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Disbudpar sudah melakukan proses pendaftaran ke Kemendikbud secara online. Upaya ini dilakukan untuk pelestarian budaya asal Lumajang.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Disbudpar Lumajang, Yoga Pratomo menjelaskan, pihaknya sudah melakukan proses pendaftaran sejak Febuari yang lalu. Namun masih ada sejumlah revisi yang perlu dibenahi.

“Masih ada proses perbaikan video yang dikirim 11 juni 2021 kemarin, karena pihak Kemendikbud minta perbaikan video tersebut,” jelasnya saat dihubungi Jatimhariini.com, Jum’at (04/06/2021).

Yoga menambahkan, alasan pihak Disbudpar memilih Topeng Kaliwungu, karena sudah khas dan hanya di Lumajang. Termasuk secara koreografi dan unsur musik.

“Meski di daerah lain juga memiliki seni topeng, tetapi Topeng Kaliwungu mempunyai kekhasan dari segi koreografi,” ungkapnya.

Untuk terus melestarikan Topeng Kaliwungu, pihaknya sudah berencana menggelar kolosal. “Sebenarnya kita juga memiliki rencana mengadakan Topeng Kaliwungu Kolosal, namun adanya pendemi Covid-19 harus tertunda dulu,” pungkasnya.

Ia menambahkan, sudah ada dokumentasi yang ada di museum terkait Topeng Kaliwungu. Hal itu biar bisa dipelajari semua pengunjung. (ted)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60