Angka Stunting di Tulungagung Terus Ditekan melalui Gemarikan

Kampanye Gemarikan di Tulungagung.

Tulungagung, Jatim Hari Ini – Angka stunting di Tulungagung terus ditekan. Berbagai upaya dilakukan. Salahsatunya melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Ketua TP PKK Jawa Timur sekaligus Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak melakukan Kampanye Gemarikan di Kabupaten Tulungagung, Kamis (3/6/2021).

Bacaan Lainnya

“Saya selaku Ketua Forikan Jatim mengucapkan terimakasih. Apalagi kegiatan ini mendukung untuk peningkatan angka konsumsi ikan, dimana hal ini juga salah satu faktor pendukung penurunan angka stunting di Jawa Timur, khususnya di Tulungagung,” kata Arumi.

Berdasarkan data Pemkab Tulungagung, jumlah stunting pada bulan timbang Agustus 2020, mencapai 2.901 anak dengan jumlah prevalensi stunting sebesar 5.51 %.

“Angka ini sudah mengalami penurunan 3 persen dibanding bulan timbang tahun 2019, yaitu sebanyak 2.990 anak. Hasil ini merupakan pembuktian komitmen usaha dan kerja keras untuk menuntaskan balita Tulungagung dari stunting, ini hal luar biasa,” ujar Arumi.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan Gemarikan, dapat membantu percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Tulungangung menjadi lebih baik. Banyaknya kandungan gizi pada ikan, diharapkan dapat semakin menumbuhkan dan mempercerdas otak anak-anak di Kabupaten Tulungagung.

“Salah satu yang terus kita lakukan adalah mensosialisasikan pangan dan gizi yang baik khususnya untuk balita. Kami dari Forikan percaya betul ikan memiliki gizi yang baik untuk anak-anak karena protein yang lengkap disamping memiliki harga yang terjangkau,” ujar Arumi. (tik)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60