Dinas Pendidikan Tanggapi Pelajar yang Terlibat Narkoba di Lumajang

Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Lumajang.

Lumajang, Jatim Hari Ini – Peredaran narkoba di kalangan pelajar harus lebih menjadi perhatian khusus bagi Dinas Pendidikan. Pasalnya, belum sebulan puluhan remaja usia sekolah diamankan petugas lantaran terlibat narkoba.

Sebanyak 27 remaja diamankan Sat Resnarkoba Polres Lumajang pada Minggu (23/5/2021) dan 9 remaja diamankan Satpol PP pada Senin (31/5/2021). Dari peristiwa itu, petugas mendapati pil koplo dan miras oplosan.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Lumajang, Mahrus Syamsul menyampaikan. pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut untuk menangani hal itu.

Kepala Sekolah yang mengetahui anak didiknya terlibat narkoba, diharapkan untuk melaporkan ke pihaknya.

“Untuk penanganan kita ikuti arahan dari yang berwenang, jika itu yang terbaik,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Agus Salim kepada jatimhariini.com menyampaikan, pihaknya tidak kurang-kurang memerangi penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan. Sudah banyak program yang dibentuk pihaknya guna mengantisipasi peredaran narkoba pada peserta didik.

“Selama pandemi, proses belajar mengajar sangat terganggu. Sehingga pengawasan kepada anak didik kurang maksimal,” tutur Agus Salim.

Lanjutnya, peranan orang tua dalam pengawasan terhadap anak seyogyanya lebih diperhatikan, apalagi jika ada yang ganjil dari tingkah laku anaknya, orang tua harus segera melaporkan ke sekolah. Ia berpesan agar orang tua tidak meremehkan hal itu, dengan alasan anaknya masih kecil.

Apabila pihaknya mendapati peserta didik yang memakai narkoba, akan langsung diamankan dan dibina atau diserahkan kepada pihak yang berwajib.

“Ada tanggung jawab renteng, bisa kita serahkan ke BNN atau Sat Resnarkoba. Kita tidak bisa berbuat banyak jika tidak ada laporan,” jelasnya. (rus)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60