Puluhan Pasar Desa di Kabupaten Pasuruan Segera Direhab

Pasar di Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan, Jatim Hari Ini – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan merehab puluhan pasar desa tahun ini. Ada 26 pasar desa di 17 kecamatan yang akan direhab.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Nurul Huda melalui Kabid Keuangan dan Kekayaan Desa, Isminasih mengatakan, jumlah pasar desa yang akan direhab pada tahun ini lebih banyak bila dibanding tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Tahun sebelumnya, ada 23 pasar desa yang direhab. Sehingga anggaran tahun ini pun lebih banyak. Tepatnya menyedot anggaran APBD Kabupaten Pasuruan hingga Rp 5,150 miliar.

“tahun lalu sebesar Rp 4,5 Milyar. Dan tahun ini jumlahnya meningkat, sehingga anggarannya pun lebih banyak,” kata Ismi, saat di sela-sela kesibukannya, Rabu (02/06/2021).

Rehab pasar desa diprioritaskan pada pasar-pasar yang kondisinya memerlukan perhatian. Seluruh pasar desa yang akan direhab tahun ini merupakan hasil dari usulan yang disampaikan melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tingkat desa hingga kabupaten.

Ismi menegaskan bahwa kegiatan rehab pasar desa bisa dalam bentuk penambahan jumlah kios, los atau bedak; kemudian penambahan area lokasi pasar, pavingisasi dll. Untuk besaran anggaran yang digelontorkan untuk masing-masing pasar desa berkisar antara Rp 100 juta-Rp 250 juta.

“Paling banyak Rp 250 juta. Contohnya untuk rehab Pasar Desa Wedoro di Kecamatan Pandaan. Total ada lima pasar desa, seperti Pasar Desa Dayurejo dan Candiwates di Prigen, serta Pasar Desa Wonokerto dan Pakukerto di Kecamatan Sukorejo,” ungkapnya.

Diperkirakan, rehab pasar desa akan dimulai pada pertengahan juni atau awal juli mendatang. (zein)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60