Kadis Kominfo Dampingi Kadinsos Kota Kediri Klarifikasi ke PUI Kediri Raya

Rahmad Mahmudi (dua dari kanan) menyerahkan berkas kepada Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut didampingi Apip Permana Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri.

Kediri, Jatim Hari Ini – Muncul pemberitaan yang beredar di media sosial (medsos) dengan akun Seputar Kediri terkait komentar Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto, tentang penggalangan dana yang dilakukan PUI Kediri Raya yang dinilai ilegal dan cacat hukum.

Atas beredarnya pemberitaan tersebut, Rahmad Mahmudi selaku Presidium Pergerakan Umat Islam (PUI) Kediri Raya bersama 6 pengurus mendatangi kantor Dinas Sosial Kota Kediri, Rabu (2/6/2021). Mereka bermaksud meminta klarifikasi atas pernyataannya yang beredar di medsos.

Bacaan Lainnya

“Kami dari PUI Kediri Raya bersama jajaran pengurus mendatangi kantor Dinas Sosial  untuk meminta klarifikasi atas pernyataan Kepala Dinas Sosial Kota Kediri yang beredar di medsos,” ujar Rahmad Mahmudi.

Sebelumnya, PUI Kediri Raya melakukan aksi solidaritas untuk warga Palestina dibarengi penggalangan dana di depan Alon-alon Kota Kediri pada Sabtu (29/5/2021) lalu.

Kemudian oleh oknum yang tidak bertanggungjawab diplintir dengan  pemberitaan di medsos. Dalam pemberitan ada pernyataan Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto yang menyebut penggalangan dana itu ilegal dan cacat hukum. Padahal dari pihak Dinsos sendiri tidak pernah ada pertanyaan dari media terkait penggalangan dana tersebut.

Rahmad Mahmudi juga menegaskan, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri tidak pernah mengatakan bahwa kegiatan PUI itu ilegal. “Jadi ini ada pemelintiran pemberitaan disalah satu akun medsos,” terang Rahmad Mahmudi kepada wartawan.

Ditanya wartawan jatimhariini.com terkait pemberitaan miring tersebut apakah akan melangkah ke jalur hukum? Rahmad mengaku belum mengarah kesana.

“Kami belum mengarah kesana. Namun kami meminta pada Kominfo untuk memberikan peringatan dan teguran pada akun medsos yang telah melakukan pemelintiran pemberitaan,” tegas Rahmad.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto pun menegaskan, dirinya tidak pernah mengatakan kalau kegiatan penggalangan dana oleh PUI Kediri Raya ilegal.

“Saya tidak pernah mengatakan seperti itu. Dan tidak pernah ada pertanyaan dari media terkait penggalangan dana yang dilakukan PUI. Selain itu untuk pemberitaan satu pintu melalui Kominfo,” tegas Kutut.

Ia menambahkan, dirinya sangat mendukung aksi penggalangan dana untuk warga Palestina seperti yang dilakukan PUI-Kediri Raya. “Kami 1000 persen sangat mendukung kegiatan penggalangan dana untuk Palestina,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri Drs. Apip Permana MM yang juga hadir saat itu mengatakan, pihaknya hanya sebatas memberikan pencerahan pada masyarakat terkait aturan main dalam penggalangan dana.

“Kominfo tidak menyatakan ilegal. Namun Kominfo hanya sebatas memberikan pencerahan pada masyarakat terkait aturan main dalam penggalangan dana. Yang mana dalam penggalangan dana itu melalui rekomendasi dari dinas terkait,” terang Apip. (pri)



banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60